Sederet 5 Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 09/12/2021, 16:49 WIB
Kilang Cilacap kilang terbesar di Indonesia. Dok. PertaminaKilang Cilacap kilang terbesar di Indonesia.
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Kilang minyak adalah fasilitas pengolahan minyak mentah menjadi berbagai produk bahan bakar minyak, petrokimia, dan lainnya. Lalu di mana saja kilang minyak terbesar di Indonesia?

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang cukup melimpah, salah satunya berupa cadangan minyak bumi. Untuk mengolahnya, maka Indonesia memiliki beberapa kilang minyak yang tersebar di beberapa wilayah.

Kilang minyak adalah pabrik atau fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku industri petrokimia.

Produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak adalah antara lain minyak bensin atau gasoline, minyak diesel, dan minyak tanah atau kerosine.

Baca juga: Deretan 6 Kilang Minyak Terbesar di Dunia

Setidaknya terdapat lima titik kilang minyak di Indonesia berdasarkan dari produksi minyak per harinya:

1. Kilang minyak Cilacap di Jawa Tengah

Kilang minyak terbesar di Indonesia ini memiliki fasilitas terlengkap dan produksi terbesar yaitu 348.000 barel minyak per hari. Dibanding kilang minyak lain, kilang ini menjadi kilang minyak terbesar di Indonesia.

Kilang minyak terbesar di Indonesia ini memasok 34 persen kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) nasional atau 60 persen kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.

2. Kilang minyak Balikpapan di Kalimantan Timur

Kilang minyak terbesar di Indonesia kedua ini merupakan salah satu unit bisnis PT Pertamina yang sebagian besar produknya disalurkan ke kawasan Indonesia timur dan sebagian lainnya ke Indonesia barat dan diekspor.

Baca juga: Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

 

Kilang minyak adalah harus dilakukan pengecekan rutin. (Dok. Humas Pertamina). Kilang minyak adalah harus dilakukan pengecekan rutin.

Kilang Balikpapan meliputi areal seluas 2,5 km persegi dengan kapasitas produksi 260.000 barel minyak per hari. Tugas kilang minyak adalah mengolah minyak mentah menjadi produk produk yang siap dipasarkan yaitu BBM dan non BBM.

Dikutip dari situs Pertamina, kilang minyak adalah ini telah beroperasi sejak 1922 dan saat ini memasok hingga 26 persen total kebutuhan BBM di seluruh Indonesia. Lokasi kilang minyak adalah sangat strategis untuk memasok kebutuhan BBM di kawasan Indonesia Timur dan didukung oleh jaringan distribusi yang baik, mencakup pipa distribusi,kapal tanker, dan moda transportasi darat.

Sejak pertama kali dibangun kilang minyak terbesar di Indonesia kedua ini telah mengalami beberapa kali perbaikan guna meningkatkan margin dan kapasitas produksi.

Produk-produk yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yaitu meliputi BBM seperti Premium, Kero, Solar, Pertadex, dan Pertamax, Non BBM seperti Smooth Fluid 05, dan LPG.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.