3 Faktor yang Buat Pemerintah Yakin Realisasi Investasi 2022 Tembus Rp 1.200 Triliun

Kompas.com - 09/12/2021, 19:20 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah optimistis realisasi investasi pada tahun 2022 mencapai Rp 1.200 triliun. Target sebesar ini bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional agar bisa di atas kisaran 5 persen.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indra Darmawan mengungkapkan beberapa faktor penunjang optimisme target investasi di 2022 tersebut.

Pertama, menurutnya realisasi investasi itu melalui beberapa tahap. Diperkirakan di 2022 para pelaku usaha sudah mulai beberapa fase, seperti ke fase konsumsi yang sudah beralih ke fase produksi.

“Lalu beberapa juga sudah mulai ke fase konsumsi. Jadi setiap fase itu ada pengeluarannya sehingga bisa kita catat sebagai realisasi,” kata Indra dalam diskusi virtual, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ada Perbedaan Vaksinasi di Negara Maju dan Berkembang

Kedua, adanya beberapa perencanaan investasi yang dihitung sejak 2018 sudah hampir mencapai Rp 2.000 triliun. Biasanya dalam 10 tahun terakhir sepertiga dari rencana tersebut dapat terealisasi.

Ketiga, terdapat sekitar Rp 900 triliun nilai investasi dari hampeir 100 perusahaan yang mendapatkan insentif keringanan pajak salah satunya adalah Tax holiday. Sehingga dari insentif tersebut juga pemerintah akan mendorong perusahaan untuk memberikan kontribusi realisasinya.

“Jadi dari keringanan pajak tersebut, kami bilang, Anda sudah mendapat keringanan pajak dari pemerintah, mana realisasinya? Jika ada masalah akan kami bantu,” tutur Indra.

Baca juga: Mentan Ajak Masyarakat Bangun Sektor Pertanian secara Total

Indra mengatakan, di BKPM sendiri terdapat satgas penyelesaian investasi yang berfokus untuk menyelesaikan perencanaan investasi yang belum terealisir.

Keempat, Indra menyebut sejak November 2019 ada sekitar Rp 708 triliun investasi yang mangkrak. Saat ini sudah terealisasi sekitar Rp 550 triliun. Sehingga sisanya akan bisa didorong lagi realisasi investasinya.

Adapun, di 2022 nanti, sektor yang akan di dorong investasinya yakni sektor hilirisasi sumber daya alam untuk menjadi nilai tambah bagi perekonomian, sektor ekonomi hijau, dan sektor ekonomi digital.

“Tiga sektor ini adalah tambahan yang akan terus kita dorong lagi ke depannya, setelah sektor konsumsi, sektor andalan telekomunikasi, sektor telekomunikasi yang sudah mulai pulih di 2021,” pungkasnya. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kementerian Investasi optimistis realisasi investasi pada 2022 capai Rp 1.200 triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.