Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Properti Kian Membaik, BTN Prediksi Pertumbuhan Kredit Double Digit Tahun Depan

Kompas.com - 10/12/2021, 14:21 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimis pertumbuhan kredit pada tahun 2022 bisa mencapai double digit.

Direktur Utama BTN Haru Kusmahargyo mengatakan, proyeksi itu dipatok perseroan selaras dengan prospek industri properti yang terus membaik.

“Dengan dukungan pemerintah untuk rumah subsidi dengan skema FLPP yang terus meningkat dan pasar properti non subsidi juga membaik pertumbuhan kredit kami tahun depan bisa double digit antara 10 persen,” ujarnya dalam diskusi virtual, dikutip Jumat (10/12/2021).

Haru melaporkan, hingga semester I-2021 pertumbuhan kredit mencapai 6 persen, dan sampai kuartal III ada peningkatan sebesar 2 persen.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar GrabFood Gratis

Peningkatan tersebut didukung oleh pembiayaan rumah subsidi yang juga menjadi fokus BTN. 

“Dari pertumbuhan 6 persen tersebut tentu sektor MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) ini pertumbuhannya cukup tinggi 10-11 persen,” kata Haru.

Dengan capaian tersebut, BTN akan tetap fokus menyasar segmen MBR dengan harga rumah di atas Rp 200 juta sampai Rp 500 juta.

Sementara itu, kebijakan pemerintah mengenai insentif pajak (PPN) rumah di bawah Rp 2 miliar, kebijakan Loan to Value (LTV), dan program lainnya juga diproyeksi berdampak positif untuk sektor perumahan kelas menengah atas.

Dalam rangka mendongkrak kredit, BTN juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga dan perusahaan yang menyediakan pendanaan murah dan jangka panjang.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Minyak Goreng Hingga Cabai Kompak Naik

Salah satunya dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), kemudian dengan BP Jamsostek Ketenagakerjaan yang menyediakan pendanaan bagi perumahan.

Adapun tantangan terbesar perbankan dalam pembiayaan perumahan ini adalah masih sedikitnya lembaga keuangan yang menyediakan dana murah dan jangka panjang.

Karena itu, kehadiran BP Tapera ini dinilai sangat membantu dalam pembiayaan perumahan untuk jangka panjang dan stabil. 

“Hadirnya BP Tapera menjawab kebutuhan pendanaan jangka panjang dan tentu stabil dan kami juga berpartner dengan developer,” ucap Haru.

Baca juga: Adaptif dan Inovatif, Berikut Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com