Pasar Properti Kian Membaik, BTN Prediksi Pertumbuhan Kredit Double Digit Tahun Depan

Kompas.com - 10/12/2021, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimis pertumbuhan kredit pada tahun 2022 bisa mencapai double digit.

Direktur Utama BTN Haru Kusmahargyo mengatakan, proyeksi itu dipatok perseroan selaras dengan prospek industri properti yang terus membaik.

“Dengan dukungan pemerintah untuk rumah subsidi dengan skema FLPP yang terus meningkat dan pasar properti non subsidi juga membaik pertumbuhan kredit kami tahun depan bisa double digit antara 10 persen,” ujarnya dalam diskusi virtual, dikutip Jumat (10/12/2021).

Haru melaporkan, hingga semester I-2021 pertumbuhan kredit mencapai 6 persen, dan sampai kuartal III ada peningkatan sebesar 2 persen.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar GrabFood Gratis

Peningkatan tersebut didukung oleh pembiayaan rumah subsidi yang juga menjadi fokus BTN. 

“Dari pertumbuhan 6 persen tersebut tentu sektor MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) ini pertumbuhannya cukup tinggi 10-11 persen,” kata Haru.

Dengan capaian tersebut, BTN akan tetap fokus menyasar segmen MBR dengan harga rumah di atas Rp 200 juta sampai Rp 500 juta.

Sementara itu, kebijakan pemerintah mengenai insentif pajak (PPN) rumah di bawah Rp 2 miliar, kebijakan Loan to Value (LTV), dan program lainnya juga diproyeksi berdampak positif untuk sektor perumahan kelas menengah atas.

Dalam rangka mendongkrak kredit, BTN juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga dan perusahaan yang menyediakan pendanaan murah dan jangka panjang.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Minyak Goreng Hingga Cabai Kompak Naik

Salah satunya dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), kemudian dengan BP Jamsostek Ketenagakerjaan yang menyediakan pendanaan bagi perumahan.

Adapun tantangan terbesar perbankan dalam pembiayaan perumahan ini adalah masih sedikitnya lembaga keuangan yang menyediakan dana murah dan jangka panjang.

Karena itu, kehadiran BP Tapera ini dinilai sangat membantu dalam pembiayaan perumahan untuk jangka panjang dan stabil. 

“Hadirnya BP Tapera menjawab kebutuhan pendanaan jangka panjang dan tentu stabil dan kami juga berpartner dengan developer,” ucap Haru.

Baca juga: Adaptif dan Inovatif, Berikut Tips Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.