Bersama AiChat, Kemenkes dan Novo Nordisk Kembangkan Chatbot WhatsApp untuk Perangi Diabetes

Kompas.com - 10/12/2021, 20:20 WIB
Peluncuran Chatbot TanyaGendis, Jumat (3/12/2021). Dok Humas AiChatPeluncuran Chatbot TanyaGendis, Jumat (3/12/2021).
|

 

KOMPAS.com – Novo Nordisk bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bermitra dengan AiChat mengembangkan chatbot WhatsApp berbahasa Indonesia, TanyaGendis.

Layanan itu dibuat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai penyakit diabetes kepada masyarakat Indonesia.

Perlu diektahui, Kemenkes mencatat bahwa jumlah pengidap diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada 2019 menjadi 19,5 juta pada 2021.

Sebagian besar pengidap tidak dapat mengelola penyakitnya dengan baik karena kesadaran yang terbatas, kepatuhan medis yang buruk, serta gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat.

Vice President sekaligus General Manager Novo Nordisk Indonesia, Anand Shetty mengatakan, bersama Kemenkes dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), pihaknya akan meningkatkan akses edukasi tentang diabetes kepada masyarakat.

Tujuannya, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pencegahan diabetes

“Iklan layanan masyarakat juga akan disebarluaskan melalui berbagai media sosial dan tempat-tempat umum untuk menjangkau masyarakat, termasuk generasi muda. Dengan begitu, masyarakat dapat menjalani gaya hidup yang lebih baik dan mencegah diabetes sejak dini,” tambahnya.

Adapun kampanye mengenai pencegahan diabetes lewat chatbot dan iklan layanan masyarakat juga menyoroti bahwa tindakan kolektif dan individu akan terus mendorong kemajuan dan terus menggerakkan masyarakat secara luas untuk memberantas diabetes.

Chatbot berbahasa Indonesia

Perlu diketahui, chatbot TanyaGendis telah berbasis artificial intelligence (AI) dan memakai bahasa Indonesia dalam pelayanannya.

Lewat fasilitas tersebut, masyarakat dapat mengikuti tes skrining untuk mengetahui risiko terkena diabetes, mempelajari cara menyesuaikan gaya hidup untuk mencegah diabetes, dan mencari tahu fasilitas medis terdekat untuk pemeriksaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.