IHSG Dibayangi Isu Tapering The Fed, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 20/12/2021, 08:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada Senin (20/12/2021). Pada perdagangan Jumat (17/12/2021), IHSG berakhir naik tipis 7,13 poin (0,11 persen) di level 6.601,93.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal candlestick membentuk lower high dan lower low. MACD masih bergerak pada trend distribusi mengindikasikan masih ada potensi pelemahan meskipun cukup terbatas.

“IHSG diprediksi melemah. Pergerakan akan minim sentiment di awal pekan. Pergerakan juga akan dibayangi aksi The Fed yang akan mempercepat tapering,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Baca juga: Akhir Pekan, Rupiah dan IHSG Kembali Menguat

Dennies memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak resistance di level 6.639 hingga 6.620, support pada resistance 6.570 hingga 6.539.

Hal senada disampaikan oleh Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus. Berdasarkan Analisa teknikal, Maximilianus memprediksi hari ini IHSG berpeluang melemah pada rentang 6.560 – 6.645.

“Berdasarkan analisis teknikal, hari ini IHSG berpeluang melemah terbatas,” kata Maximilianus.

Maximilianus mengatakan, di negara Singapura, munculnya varian baru Omicron mengganggu prospek pemulihan ekonomi negara tersebut. Sehingga, pembuat kebijakan di Singapora akan sibuk saat ini ditengah kenaikkan inflasi yang terjadi ditambah pemulihan ekonomi yang melambat.

Dari domestik, pemerintah mematok target investasi sebesar Rp 1.200 triliun untuk tahun 2022 naik sebesar 33 persen dari target realisasi tahun 2021. Kenaikan target realisasi investasi pada tahun depan berkaitan dengan upaya pemerintah untuk mencapai target konsolidasi fiskal.

“Kami menilai investasi masuk merupakan solusi guna mendukung terciptanya lapangan kerja baru dan juga ekspansi bisnis,” ujar dia.

Bagaimana dengan saham-saham yang bisa dicermati hari ini?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.