Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Prakerja Bakal Cari 2,9 Juta Peserta Tahun Depan, Anggarannya Rp 11 triliun

Kompas.com - 31/12/2021, 07:22 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan akan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2022. Program semi bansos ini akan menyasar 2,9 juta peserta.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengungkapkan, anggaran yang disediakan untuk program Kartu Prakerja mencapai Rp 11 triliun.

"Program ni akan diteruskan di 2022 dengan anggaran Rp 11 triliun untuk 2,9 juta orang, kecuali ada penambahan lagi yang dilakukan pemerintah melihat sikon berkembang," kata Rudy dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Kaleidoskop 2021, Catatan Aksi Luhut Atasi Delta-Omicron: PPKM Darurat, Kontroversi PCR hingga Lockdown Wisma Atlet

Rudy menuturkan, besaran insentif tetap sama, yakni Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 yang diberi selama 4 bulan.

Platform pelatihannya pun sama, yakni 7 platform yaitu Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia. Lalu, ada 3 portal job dan 8 institusi pendidikan.

"Selain itu ada juga lembaga pendidikan tinggi yang memantau program ini. Ada 181 lembaga pelatihan yang tergabung dengan 684 pelatihan aktif di ekosistem," beber Rudy.

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Jelang Pembukaan Gelombang 23 Tahun 2022

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sempat berujar, pemerintah berencana mengadakan pelatihan luring (luar jaringan) di semester II 2022, seiring mulai pulihnya ekonomi dan Covid-19 berubah menjadi endemi.

Mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan, program Kartu Prakerja di tahun depan bukan hanya ditujukan sebagai program semi bansos. Seperti perencanaan awal, program tersebut akan terus ada untuk menambah skill (upskilling) para pencari kerja.

Baca juga: Sebut Bakal Jadi Contoh di G20, Airlangga: Efektivitas Kartu Prakerja Terbukti secara Ilmiah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com