Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, IKEA Naikkan Harga Produknya

Kompas.com - 03/01/2022, 09:09 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa produsen rumah tangga asal Swedia, IKEA, berencana menaikan harga berbagai produknya pada tahun 2022. Rata-rata harga produk IKEA akan mengalami kenaikan sebesar 9 persen.

Dilansir dari CNN, Senin (3/1/2022), layaknya perusahaan lain di tengah pandemi Covid-19, margin keuntungan IKEA saat ini relatif ketat. Ini merupakan dampak dari tingginya biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan, seiring dengan masih berlanjutnya permasalahan rantai pasok global.

Padahal, IKEA dikenal sebagai perusahaan penyedia produk rumah tangga, dengan harga yang relatif rendah. Bahkan, semenjak merebaknya pandemi, harga produk IKEA cenderung stabil.

Baca juga: Ekspansi 2022, HERO Bakal Tambah Gerai IKEA

Namun demikian, Manajer Operasional Ritel IKEA Tolga Öncü mengatakan, langkah perusahaan untuk menaikan harga dilakukan untuk mengimbangi biaya transportasi dan bahan baku yang signifikan yang dikeluarkan oleh Ingka Group, sebagai operator sebagian besar toko IKEA di seluruh dunia.

"Sangat disayangkan, saat ini, untuk pertama kalinya sejak biaya yang lebih tinggi mulai mempengaruhi ekonomi global, kami harus menyerahkan sebagian dari peningkatan biaya tersebut kepada pelanggan kami," ujar dia.

IKEA menyebutkan, pihaknya tengah menyaksikan tingginya permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk produk-produk terkait rumah, seperti furnitur, produk penyimpanan, dan barang-barang terkait kantor rumah selama pandemi.

Perusahaan memastikan akan mengurangi dampak berkelanjutan dari masalah rantai pasokan seperti keterlambatan pengiriman dengan menggunakan charting kapal dan pemuat tambahan.

"Tujuan kami adalah mengembalikan kepada pelanggan setiap penurunan harga pembelian yang kami dapatkan," ucap Öncü.

Baca juga: Kini Beli Produk IKEA Bisa Gunakan Kredivo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com