Kompas.com - 03/01/2022, 09:09 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa produsen rumah tangga asal Swedia, IKEA, berencana menaikan harga berbagai produknya pada tahun 2022. Rata-rata harga produk IKEA akan mengalami kenaikan sebesar 9 persen.

Dilansir dari CNN, Senin (3/1/2022), layaknya perusahaan lain di tengah pandemi Covid-19, margin keuntungan IKEA saat ini relatif ketat. Ini merupakan dampak dari tingginya biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan, seiring dengan masih berlanjutnya permasalahan rantai pasok global.

Padahal, IKEA dikenal sebagai perusahaan penyedia produk rumah tangga, dengan harga yang relatif rendah. Bahkan, semenjak merebaknya pandemi, harga produk IKEA cenderung stabil.

Baca juga: Ekspansi 2022, HERO Bakal Tambah Gerai IKEA

Namun demikian, Manajer Operasional Ritel IKEA Tolga Öncü mengatakan, langkah perusahaan untuk menaikan harga dilakukan untuk mengimbangi biaya transportasi dan bahan baku yang signifikan yang dikeluarkan oleh Ingka Group, sebagai operator sebagian besar toko IKEA di seluruh dunia.

"Sangat disayangkan, saat ini, untuk pertama kalinya sejak biaya yang lebih tinggi mulai mempengaruhi ekonomi global, kami harus menyerahkan sebagian dari peningkatan biaya tersebut kepada pelanggan kami," ujar dia.

IKEA menyebutkan, pihaknya tengah menyaksikan tingginya permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk produk-produk terkait rumah, seperti furnitur, produk penyimpanan, dan barang-barang terkait kantor rumah selama pandemi.

Perusahaan memastikan akan mengurangi dampak berkelanjutan dari masalah rantai pasokan seperti keterlambatan pengiriman dengan menggunakan charting kapal dan pemuat tambahan.

"Tujuan kami adalah mengembalikan kepada pelanggan setiap penurunan harga pembelian yang kami dapatkan," ucap Öncü.

Baca juga: Kini Beli Produk IKEA Bisa Gunakan Kredivo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.