Kompas.com - 09/01/2022, 13:30 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) Apple Inc, Tim Cook, telah menjabat selama 10 tahun. Berapa gaji yang diterima bos perusahaan teknologi terkemuka ini?

Apple baru-baru ini mempublikasikan laporan keuangan periode 2021 ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk transparansi bisnis. Mengingat Apple merupakan perusahaan terbuka dengan kode saham AAPL.

Pada laporannya, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini merincikan nominal gaji para eksekutif perusahaan. Termasuk salah satunya milik CEO Apple, Tim Cook.

Mengutip laman The Verge dan MacRumors, laporan keuangan tersebut mencatat gaji Tim Cook pada 2021 berjumlah 98,7 juta dollar AS atau setara Rp 1,41 triliun selama setahun.

Baca juga: Profesi dengan Risiko Besar, Berapa Gaji Pilot Per Bulan?

Rincian pendapatan yang diterima Tim Cook mayoritas berupa benefit kepemilikan saham AAPL sebesar 82,3 juta dollar AS setara Rp 1,17 triliun.

Sementara gaji pokoknya yang tetap sebesar 3 juta dollar AS setara Rp 42 miliar, insentif non-ekuitas sebesar 10,7 dollar AS setara Rp 153 miliar, dan insentif lain totalnya sekitar 1,38 juta dollar AS setara Rp 19,8 miliar.

Insentif lain dengan rincian sebagai berikut, insentif liburan 23.000 dollar AS setara Rp 330 juta, keamanan 630.000 dollar AS setara Rp 9 miliar, dan perjalanan 712.000 dollar AS setara Rp 10,2 miliar.

Jumlah gaji bos Apple tahun 2021 meningkat enam kali lipat dari gajinya di tahun 2020 yang sebesar 14 juta dollar AS atau setara Rp 200 miliar. Namun belum termasuk benefit kepemilikan saham AAPL sebesar 15 juta dollar AS setara Rp 215 miliar.

Baca juga: Berapa Gaji Dokter di Indonesia?

Total gaji periode 2021 tersebut belum termasuk bonus dari kontrak kerja 10 tahun yang berupa saham APPL sebanyak lima juta lembar atau senilai hampir 750 juta dollar AS setara Rp 10,73 triliun.

Bonus kontrak ini diberikan atas keberhasilan Tim Cook mencapai target kontrak yang ditandatanganinya. Target tersebut yakni return saham Apple selama 3 tahun terakhir harus lebih tinggi dari dua per tiga saham perusahaan yang ada di indeks S&P 500.

Meski kemampuannya sempat diragukan para eksekutif Apple lain, tapi Cook berhasil mencapai target dengan inovasi yang cemerlang.

Misalnya, memperbesar layar iPhone menjadi 6,7 inci, membuat Apple Pencil, dan sebagainya. Padahal ide inovasi tersebut pernah diolok-olok oleh pendiri Apple, yaitu Steve Jobs.

Baca juga: Berapa Gaji Pramugari Kereta Api?

Dengan gaji sebesar itu, sepadan dengan hasil kerja Tim Cook selama 10 tahun ini karena bisa membuat valuasi perusahaan Apple mencapai 3 triliun dollar AS dan nilai saham APPL melesat 1.100 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.