Kolaborasi dengan Startup, Erick Thohir Mau Hadirkan BUMN Day

Kompas.com - 17/01/2022, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana menghadirkan BUMN Day. BUMN Day sendiri merupakan kolaborasi antara BUMN dengan perusahaan rintisan atau startup anak muda.

"Ini yang kita harapkan kenapa nanti sekitar enam bulan lagi kita rencanakan juga ada yang namanya BUMN Day untuk startup. Jadi kita coba bagaimana ekosistem yang ada di BUMN ini atau di dalam BUMN-nya juga harus bekerja sama dengan para startup dan anak-anak muda yang kita harapkan," ujar Erick Thohir dalam diskusi daring Indonesia Digital Tribe 101 seperti dikutip dari Antara, Senin (17/1/2022).

Menurut Erick Thohir, rencana BUMN Day untuk startup ini berbeda dengan Program Merah Putih Fund.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Maya Watono Jadi Direktur Marketing InJourney

"Ini terlepas dari Merah Putih Fund. Beda lagi, kalau Merah Putih Fund itu sudah jelas di mana kita melakukan investasi kepada startup yang pendirinya orang Indonesia, beroperasi di Indonesia, dan startup ini juga harus berkomitmen membesarkan dengan melakukan go public di Indonesia," katanya.

Erick Thohir menambahkan bahwa sejak awal tantangan terkait hal ini memang tidak mudah, namun saat ini momentumnya ada dan Indonesia harus mengambil peluang serta momentum tersebut.

Sebelumnya Erick Thohir memastikan akan membangun ekosistem untuk pelaku startup yang ada di Indonesia, dalam upaya untuk membuka peluang yang lebih besar mereka.

Baca juga: Erick Thohir: Potensi Pariwisata Sangat Besar tapi Kurang Terintegrasi

Erick Thohir mengatakan pembangunan ekosistem bagi pelaku startup itu merupakan bukti bahwa pemerintah hadir guna mendorong generasi muda menciptakan peluang.

Bukti pemerintah hadir untuk pembangunan ekosistem bagi para pelaku startup di Indonesia tersebut, salah satunya adalah dengan meluncurkan Program Merah Putih Fund yang merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN.

Merah Putih Fund adalah bertujuan untuk mengakselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn. Pemberian modal dan kolaborasi bisnis akan menjadi fokus dalam program tersebut untuk menghasilkan sinergi berbagai sektor industri. (Aji Cakti)

Baca juga: Luncurkan Holding BUMN Pangan, Erick Thohir: Ini Bukan Hanya Simbolik, tapi Harus Ada Hasilnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.