Kemendag Sebut 29 Perusahaan Sudah Kembali Ekspor Batu Bara

Kompas.com - 18/01/2022, 18:37 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membeberkan sebanyak 48 kapal dari 29 perusahaan telah kembali melakukan ekspor batu bara menyusul pencabutan larangan ekspor batu bara oleh pemerintah.

"Ini rekap sampai dengan tadi pagi," ujar Direktur Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasaei Wisnu Wardhana dalam konferensi pers Outlook Perdagangan 2022 yang disiarkan secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pada dasarnya izin ekspor akan diberikan kepada perusahaan jika sudah memenuhi kebutuhan untuk dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO).

Baca juga: Sri Mulyani Akui Dana Pemindahan IKN Masuk Anggaran PEN 2022

"Dasarnya ketika DMO diselesaikan, maka ekspor bisa dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut dan banyak perusahaan yang belum dan sedang dikerjakan mekanismenya," ungkap Lutfi.

Sebelumnya, pemerintah melarang ekspor batu bara sejak 1 Januari 2022. Larangan tersebut diberlakukan sehubungan adanya surat Direktur Utama PT PLN (Persero) Nomor 77875/EPI.01.01/C01000000/2021-R tanggal 31 Desember 2021 perihal krisis pasoalan batu bara yang tengah kritis dan ketersediannya yang rendah.

Namun pemerintah kembali melonggarkan larangan ekspor batu bara karena kondisi pasokan dinilai jauh lebih baik.

Baca juga: PLN: Masalah Pasokan Batu Bara Telah Terselesaikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.