Dukung Smart City, BNI Kembangkan Ekosistem Digital di Sumatera Barat

Kompas.com - 18/01/2022, 19:13 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, terkait penggunaan fasilitas layanan jasa perbankan dan dukungan program Smart City.

Kerja sama itu dijalin sebagai bentuk komitmen BNI dalam mengembangkan layanan perbankan yang terintegrasi dengan teknologi informasi dalam tata kelola kota dan kabupaten di Indonesia. 

Kolaborasi yang dijalin BNI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat itu meliputi wilayah Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kota Padang Panjang, Pemerintah Kota Bukittinggi, Pemerintah Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Sawahlunto, dan Pemerintah Kabupaten Agam. 

Adapun, kerja Sama mencakup pembentukan ekosistem smart city, pembayaran transaksi digital, pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah sekaligus pengelolaan bank sampah di area binaan di 6 pemerintah daerah tersebut. 

Baca juga: Banjir Penawaran Surat Utang Negara Terus Berlanjut

Direktur Jaringan dan Layanan BNI Ronny Venir menilai, Sumatera Barat merupakan provinsi dengan potensi ekonomi kerakyatan yang sangat kuat. Ekosistem ekonomi ini diyakini akan lebih kuat lagi terakselerasi dengan Program Smart City.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh dukungan dari Pemerintah Daerah Sumatera Barat. Tentunya program Smart City ini akan sangat membantu akselerasi kinerja sekaligus kesetaraan ekonomi masyarakat di Sumatra Barat," kata Ronny dalam keterangannya, dikutip Rabu (18/1/2022).

Lebih lanjut, Ronny menyampaikan program Smart City yang dikembangkan BNI tidak hanya terfokus pada pengembangan ekosistem pada kabupaten atau kota tujuan.

Dalam pengembangan Smart City, BNI akan memfasilitasi pembayaran atau belanja daerah seperti melalui Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit.

Baca juga: Ace Hardware Bakal Buka Gerai Baru, Ini Lokasinya

Program ini juga mencakup layanan solusi penerimaan mulai dari e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, hingga e-Retribusi, serta penyaluran KUR dan pengelolaan BNI Market Place yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online dan Go Internasional melalui program Xpora.

"Program Smart City BNI juga menyediakan ekosistem uang elektronik seperti BNI Tapcash dan QRIS bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society. Kami juga sediakan ekosistem digitalisasi pasar dan bank sampah," tutur Ronny.

Ronny mengungkapkan, pada tahap awal kerja sama ini akan diwujudkan melalui ekosistem digitalisasi pasar di Pasar Raya Padang, moda transportasi tradisional bendi atau delman di Sumatra Barat, dan bank sampah.

"Dengan memaksimalkan transaksi QRIS pada transportasi tradisional bendi sehingga menciptakan transaksi non-tunai dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap dia.

Baca juga: Bangun Ibu Kota Baru Nusantara, Pemerintah Janji Hindari Utang Jangka Panjang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.