Tahun Ini, Isi Saldo Kartu Multi Trip Bisa lewat Aplikasi KRL Access

Kompas.com - 19/01/2022, 13:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengguna KAI Commuter akan bisa melakukan isi saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi KRL Access pada 2022. Dengan begitu, KMT akan semakin mudah melakukan isi ulang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter akan terus mengembangkan KMT untuk mendorong masyarakat menggunakannya sebagai kartu bertransportasi.

"KMT saat ini dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun-stasiun KRL. Selain itu KMT juga dapat digunakan untuk naik Kereta Bandara Soekarno – Hatta," kata Anne dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

"Dan, mulai Oktober 2021 KMT sedang diuji coba sebagai tiket untuk moda transportasi lain yaitu pada Trans Jakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta," sambungnya.

Baca juga: Ini 5 Paket Calon Direksi BEI Periode 2022-2026

KAI Commuter mengungkapkan bahwa isi saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi KRL Access merupakan bagian dari modernisasi dan digitalisasi layanan transaksi tiket elektronik (e-ticketing).

Penambahan jumlah gate elektronik rutin dilakukan seiring perkembangan layout dan luasan stasiun untuk mengakomodir tambahan jumlah pengguna. Selain menggunakan kartu, sistem e-ticketing KAI Commuter juga dapat membaca tiket dengan sistem kode QR.

Sepanjang 2021, terdapat 41 stasiun yang menjadi stasiun khusus uang elektronik. Dengan demikian, total saat ini ada 50 Stasiun yang khusus hanya melayani transaksi dengan KMT dan kartu uang elektronik dari bank yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter.

Selain modernisasi dan peningkatan layanan di Jabodetabek, KAI Commuter juga diberikan penugasan oleh KAI sebagai induk usaha untuk mengoperasikan layanan KA Lokal dan operasional KRL Yogyakarta-Solo.

Melalui penugasan tersebut, jangkauan operasional KAI Commuter pun bertambah luas. Dari yang sebelumnya hanya melayani wilayah Jabodetabek dengan 80 stasiun, saat ini KAI Commuter melayani 105 stasiun yang tersebar di wilayah Rangkasbitung hingga Merak dan Kutoarjo hingga Solo Balapan.

Baca juga: Berlaku 1 April 2022, Pajak Karbon Bakal Kerek Tarif Listrik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.