Sequoia Capital hingga Alphabet Suntik Startup Lummo Rp 1,14 Triliun

Kompas.com - 19/01/2022, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Lummo, startup layanan perangkat lunak penghubung bisnis dengan pelanggan atau software-as-a-service (SaaS) yang sebelumnya dikenal dengan nama BukuKas, mengumumkan perolehan investasi seri C senilai 80 juta dollar AS yang setara dengan Rp 1,14 triliun (kurs Rp 14.364 per dollar AS).

Pendanaan ini dipimpin oleh Tiger Global dan Sequoia Capital India. Investor teknologi dan e-commerce global lainnya yang juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini mencakup, CapitalG, dana pertumbuhan independen dari perusahaan induk Google, Alphabet, CEO NuvemShop Santiago Sosa, dan mantan CEO Lazada Max Bittner.

“Arus pendanaan ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap tim dan produk unggulan Lummo sebagai mitra pilihan bagi para pelaku usaha dan UMKM. Dukungan ini juga menunjukkan keyakinan global terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang pesat di kawasan ini,” kata Krishnan Menon, CEO dan Founder Lummo secara virtual, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Kolaborasi dengan Startup, Erick Thohir Mau Hadirkan BUMN Day

Melalui pendanaan ini, Krishnan berharap akan dapat membantu pelaku usaha dan pemilik merek membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggan, serta membangun keunggulan brand online dengan memanfaatkan LummoSHOP.

TOKKO, sebagai salah satu produk unggulan Lummo, juga telah melakukan rebranding menjadi LummoSHOP. LummoSHOP nantinya akan menjadi penghubung bisnis langsung dengan pelanggan.

“Evolusi LummoSHOP posisi perusahaan dalam solusi inovasi teknologi sebagai penghubung bisnis langsung dengan pelanggan seperti chat commerce, integrasi katalog, custom domain, manajemen toko multi platform, fitur personalisasi untuk branding bisnis, dan beragam inovasi menarik lainnya,” jelas dia.

Fitur manajemen toko multi platform yang ada di LummoSHOP juga akan memudahkan UMKM untuk mengelola semua pesanan pelanggan, dari beberapa platform belanja sekaligus dan menjadikan LummoSHOP pusat pengelolaan operasional bisnis online.

LummoSHOP juga membantu UMKM untuk membuat situs web resmi tokonya sehingga mereka dapat membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya. Dengan pendekatan D2C yang dimiliki LummoSHOP, UMKM dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis, serta analitik lainnya yang penting untuk membangun dan mengembangkan basis pelanggan yang kuat.

Partner di Tiger Global John Curtius mengungkapkan, melalui pendanaan tersebut diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan usaha dan membantu melayani pelanggan dengan menyediakan solusi teknologi dan mitra. Di sisi lain, ia melihat pertumbuhan pesat Lummo selama 2 tahun terakhir, melalui inovasi berkelanjutan yang mendorong UMKM bertumbuh dalam perdagangan elektronik.

“Pertumbuhan ekonomi berbasis digital, di Indonesia dan Asia Tenggara merupakan fokus investasi kami. Kami harap dapat terus mendukung perjalanan Lummo menuju fase pertumbuhan berikutnya,” ungkap John.

Baca juga: Startup Pengelola Sampah RI Raih Pendanaan dari Investor Singapura

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki. Teten mengungkapkan, ekosistem digital seperti yang dihadirkan oleh Lummo, memainkan peran penting memperluas pasar UMKM dan berkontribusi lebih terhadap perekonomian.

Melalui LummoSHOP, Teten berharap bisa mengambil peran dalam menambahkan, perluasan literasi digital dan keuangan bagi para pelaku UMKM, utamanya pada ekosistem LummoSHOP.

“Dengan brand yang lebih dinamis melalui kekuatan inovasi, identitas baru LummoSHOPini diharapkan dapat menjadi energi baru dalam upaya memajukan UMKM di Indonesia. Saya yakin, Lummo dapat mendukung perluasan pasar dan inklusi keuangan bagi UMKM khususnya di era digitalisasi saat ini,” kata Menkop UKM dalam sambutannya.

Baca juga: Startup Anda Siap Fundraising? Kenali Dahulu Tahapannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.