Luhut Cerita Yayasan Bill Gates dan Rockefeller Surati Jokowi, Ada Apa?

Kompas.com - 19/01/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jambi, Rabu (19/1/2022).

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan, banyak yayasan luar negeri seperti Rockefeller Foundation dan Bill Gates Foundation menulis surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa hadir di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Bali, sepanjang 2022.

"Kita itu kadang-kadang bingung, saya juga bingung. Semalam saya lapor dengan Bapak Presiden, tiba-tiba ada sekian puluh foundation dunia yang besar-besar. Sebut sajalah Rockefeler, Bill Gates mereka menulis surat kepada Presiden. Saya juga dapat kopiannya," ucapnya secara virtual, Rabu.

Baca juga: Omicron Meningkat, Luhut: Hanya yang Sudah Vaksinasi 2 Kali Dapat Beraktivitas di Tempat Publik

Luhut bilang, saat pertemuannya dengan Kepala Negara, Selasa kemarin, pemerintah akan menyambut antusias kedatangan para yayasan ternama dari seluruh dunia pada April nanti. Para yayasan dari berbagai dunia tersebut akan membantu RI mulai dari penanganan perubahan iklim hingga UMKM.

"Mereka ingin berkumpul di Bali, nanti bulan April. Ingin membantu Indonesia dalam bidang climate change (perubahan iklim), dalam bidang sampah plastik di laut, dalam bidang UMKM. Ada hampir 30, 40 foundation di dunia yang kalau dikumpul bisa lebih dari GDP negeri kita ini," lanjut Luhut.

Baca juga: Omicron Melonjak, Luhut Tingkatkan Status Awas di Jawa dan Bali

Sementara itu, terkait Gernas BBI di Jambi tersebut menampilkan kendaraaan listrik produksi dalam negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni transisi energi.

"Ini dalam rangka Presidensi G20 Indonesia dan untuk menyambut KTT G20 di Bali," ujar Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam Gernas BBI kali ini ada kampanye kendaraan listrik.

"Ada touring mobil listrik dari Jakarta ke Lampung, lalu ke Palembang, dan sampai Jambi, dengan melibatkan pembalap nasional Rifat Sungkar," ujarnya.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan Gernas BBI di provinsinya memang mengusung tema go green. Lokasi peluncuran dipenuhi nuansa hijau dari berbagai tanaman yang tumbuh di Jambi.

"Tempat kita hadir sekarang ini dipenuhi tanaman, antara lain pakis yang banyak tumbuh di hutan-hutan Jambi," katanya.

Baca juga: Luhut: Puncak Omicron Februari-Maret, Jakarta Berpotensi Naik Tinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.