Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 25 Januari Ada Perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Pastikan Tidak Ada Penutupan

Kompas.com - 22/01/2022, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD), mulai Selasa (25/1/2022) pekan depan, akan melakukan pekerjaan rekonstruksi pengerasan jalan (rigid pavement) di sepanjang ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Lantaran terdapat jalan yang mulai rusak di ruas tol Japek.

Meski ada perbaikan jalan di Tol Japek, Jasa Marga memastikan tidak ada penutupan jalan pada jadwal tersebut.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Cikampek masih beroperasi secara normal," ujar General Manager Representative Office 1 JTTRD Muhammad Taufik Akbar melalui siaran pers, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: Tommy Soeharto Bakal Buka Rest Area Khusus Truk di Tol Jakarta-Cikampek

Terdapat 3 lokasi pekerjaan rekonstruksi rigid pavement yakni berada di KM 32+590 hingga KM 32+550 lajur 1 jalur arah Jakarta dengan panjang penanganan 40 meter yang akan dilaksanakan mulai 25-27 Januari 2022. Kemudian, KM 24+735 sampai dengan KM 24+725 lajur 2 jalur arah Jakarta dengan panjang penanganan 10 meter.

Selanjutnya penanganan perbaikan jalan di sekitar Gerbang Tol Cikampek Utama lajur 1 jalur arah Cikampek dengan panjang penanganan 100 meter yang akan dilaksanakan mulai 29 Januari hingga 2 Februari. Taufik bilang, pihaknya telah menyiapkan antisipasi seperti pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja.

Baca juga: Lalu Lintas Tol Padaleunyi Dialihkan Mulai 18-21 Januari, Imbas Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Persiapan contraflow (lawan arus) apabila kondisi lalu lintas kendaraan mulai padat serta berkoordinasi dengan Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek kedua arah.

Dia juga menyarankan pengguna jalan tol agar mengakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android untuk mengetahui informasi jalan tol terkini.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud. Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berada di rumah. Jika dalam keadaan darurat harus meninggalkan rumah patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," imbaunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com