BNI Bakal Akuisi 63,9 Persen Saham Bank Mayora

Kompas.com - 24/01/2022, 06:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berencana mengakuisi PT Bank Mayora dalam waktu dekat. Aksi korporasi itu akan dilakukan BNI dengan mengambil alih 63,92 persen saham Bank Mayora.

Dilansir dari ringkasan rancangan pengambilaihan Bank Mayora, bank dengan kode emiten BBNI itu akan mengambilalih Bank Mayora melalui penerbitan saham baru sebanyak-banyaknya 1.029.151.550 yang mewakili 59,4 persen dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora.

Selain itu, BNI juga akan mengambilalih 169.078.288 saham Bank Mayora yang dipegang oleh International Finance Coporation (IFC), yakni suatu organisasi internasional yang didirikan berdasarkan anggaran dasar di antara negara-negara anggotanya.

Baca juga: Sederet Rencana Bisnis BNI 2022: Akuisisi Bank, Terbitkan Saham Baru, hingga Green Bond

"Yang akan mengakibatkan BNI memegang 1.198.229.838 saham yang mewakili 63,92 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora," tulis dokumen ringkasan rancangan pengambilaihan Bank Mayora, dikutip Senin (24/1/2022).

Langkah BNI mengakuisisi Bank Mayora akan melewati serangkaian proses. Berdasarkan jadwal pekiraan dokumen tersebut, pengambilalihan akan rampung pada Mei 2022.

Setelah proses akuisisi rampung, BNI akan memiliki 63,92 persen saham Bank Mayora, sementara sisanya atau 673.313.152 saham akan dipegang oleh PT Mayora Inti Utama.

"Rencana pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan atau kekayaan BNI," tulis dokumen tersebut.

Rencana BNI buat bank digital

Adapun akuisisi dilakukan oleh BNI untuk memperkuat kapabilitas digital perseroan. Bank pelat merah itu berencana untuk mendukung dan memfasilitasi transaksi digital masyarakat, yang belakangan pertumbuhannya semakin cepat.

Oleh karenanya, BNI berencana mencaplok Bank Mayora, dan merubahnya menjadi bank digital, yang nantinya fokus bergerak pada segmen UMKM.

"Bank Mayora akan menghadirkan solusi digital berbasis ekosistem khususnya untuk membantu UKM dalam mengakomodir kebutuhan layanan perbankan dan bisnis UKM," tulis dokumen tersebut.

Baca juga: Tiga Bank Digital Luncurkan Layanan Kredit via Aplikasi Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.