Penjelasan Bos Grup Lippo Seputar Aksi XL Axiata Akuisisi Link Net

Kompas.com - 27/01/2022, 20:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lippo Group menyatakan akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) oleh PT XL Axiata Tbk dan Grup Axiata Berhad senilai Rp 8,72 triliun. Hal ini merupakan bagian dari upaya konsolidasi dan transformasi korporasi.

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, Grup XL Axiata telah sepakat dengan para pemegang saham LINK untuk melakukan akuisisi terhadap 1,81 miliar saham. Adapun para pemegang saham LINK antara lain Asia Link Dewa Pte Ltd, dan Lippo Group melalui PT First Media Tbk (KBLV).

Baca juga: XL Axiata Caplok Saham Link Net Senilai Rp 8,72 T, Bos Grup Lippo: Sejalan dengan Rencana Bisnis

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi konsolidasi dan transformasi yang tengah dilakukan perseroan, untuk terus memperkuat neraca dan mengumpulkan dana segar guna investasi masa depan lainnya.

“Kami menyambut baik tercapainya kesepakatan dalam aksi korporasi ini. Langkah ini menjadi upaya strategis kami dalam konsolidasi dan transformasi yang tengah kami lakukan,” ujar John dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Ini Keuntungan Axiata dan XL Axiata Caplok Saham Link Net

Nilai transaksi pengambilalihan saham LINK oleh Grup XL Axiata mencapai sekitar Rp 8,72 triliun. Adapun jumlah saham yang diakuisisi sekitar 66,03 persen dari jumlah saham disetor dan modal ditempatkan.

Menurut John, LINK merupakan perusahaan yang memiliki prospek cerah. Terlebih lagi, entitas tersebut mencatatkan kinerja keuangan yang sehat. Di sisi lain, momen pandemi juga tak membuat kinerja LINK mengalami penurunan signifikan.

Baca juga: XL Axiata Caplok 66 Persen Saham Link Net, Seperti Apa Rencana Bisnisnya?

“LINK membutuhkan strategi ekspansi yang lebih jauh dan signifikan dalam menggarap pasar digital di Tanah Air yang sejalan dengan bisnis LINK dalam mendukung dan menghadirkan layanan konektivitas berkecepatan tinggi mulai dari layanan konektivitas terestrial melalui jalur fiber optic hingga VSAT serta solusi cloud, data center dan perangkat penunjang berbasis teknologi lainnya,” tambah dia.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PT XL Axiata Tbk Ranty Astari Rachman mengungkapkan, pengambilalihan saham LINK sejalan dengan pengembangan lini digital dari XL Group maupun Lippo Group sebagai salah satu pemilik LINK. Bagi XL, proses akuisisi akan memperkuat posisi bisnis perusahaan.

“Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan memperluas jaringan usaha serta untuk memperkuat posisi bisnis XL dan Axiata di bidang penyediaan jasa telekomunikasi kepada para pelanggan,” kata Ranty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.