Simak Cara Bayar PBB Online Melalui LinkAja

Kompas.com - 28/01/2022, 11:10 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) wajib dibayarkan oleh pemilik tanah dan bangunan. Dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia, masyarakat bisa membayar PBB online dengan mudah dan praktis.

Guna membantu masyarakat untuk menuntaskan kewajibannya atas pajak bumi dan bangunan, berbagai platform kini telah menyediakan fitur cara bayar PBB online, salah satunya layanan keuangan digital LinkAja.

Nah bagaimana cara bayar PBB online melalui LinkAja?

Sebelum mengetahui cara bayar PBB online melalui aplikasi LinkAja, pahami terlebih dahulu apa itu pajak bumi dan bangunan.

Apa itu pajak bumi dan bangunan?

Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, PBB adalah pengenaan pajak atas kepemilikan atau perolehan manfaat tanah dan bangunan oleh individu maupun kelompok.

Baca juga: Bayar PBB Online Bisa Lewat Gojek dan OVO, Simak Caranya

Dengan mengetahui cara bayar PBB online, masyarakat bisa mengupayakan pembayaran pajak bumi dan bangunan tepat waktu. Pasalnya, bayar pajak merupakan salah satu kontribusi warga negara untuk kemajuan negara.

Pajak bumi dan bangunan adalah pajak negara yang sebagian besar penerimaannya
merupakan pendapatan daerah yang antara lain dipergunakan untuk penyediaan fasilitas yang juga dinikmati oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Objek pajak bumi dan bangunan ini berupa tanah dan bangunan yang memberikan manfaat, keuntungan ekonomi, dan memberikan status ekonomi bagi pemiliknya.

Adapun yang tidak menjadi objek pajak bumi dan bangunan adalah tanah dan bangunan yang digunakan untuk ibadah, sosial, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Alfamart

Bayar PBB harus dilakukan setiap setahun sekali di mana wajib pajak harus segera melakukan pembayaran maksimal enam bulan setelah memperoleh Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.