Kompas.com - 27/01/2022, 21:33 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Bayar pajak kendaraan bermotor tidak melulu harus di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Sebab kini banyak saluran pembayaran pajak, salah satunya yaitu di Alfamart.

Bayar pajak kendaraan di Alfamart akan memudahkan pemilik kendaraan untuk menuntaskan kewajibannya kepada negara. Sebab, gerai Alfamart lebih mudah ditemui di sekitar lingkungan masyarakat, ketimbang kantor Samsat setempat.

Seperti diketahui, pajak kendaraan bermotor dibayarkan bersamaan dengan perpanjang STNK satu tahunan. Oleh karenanya, pemilik kendaraan wajib mengetahui tanggal perpanjang STNK tahunan supaya tidak terlambat bayar pajak motor.

Pasalnya, jika terlambat meski hanya satu hari, pemilik kendaraan akan dikenakan denda yang besarannya sesuai peraturan pemerintah daerah setempat.

Adapun pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pendapatan provinsi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Baca juga: Cara Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Online

Lantas, bagaimana cara bayar pajak kendaran di Alfamart?

Cara bayar pajak kendaraan di Alfamart

Sebelum mendatangi gerai Alfamart terdekat, pemilik kendaraan perlu menyiapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan untuk memudahkan bayar pajak motor di Alfamart.

Baca juga: Biaya, Cara, dan Syarat Perpanjang STNK Tahunan

Bayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban bagi pemilik kendaraan. Cara bayar pajak motor melalui Alfamart dapat memudahkan para pemilik kendaraan bermotor.. Bagaimana cara bayar pajak kendaraan via Alfamart?Shutterstock/Muh. Imron Bayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban bagi pemilik kendaraan. Cara bayar pajak motor melalui Alfamart dapat memudahkan para pemilik kendaraan bermotor.. Bagaimana cara bayar pajak kendaraan via Alfamart?

Selanjutnya, pemilik kendaraan bermotor bisa mengikuti cara bayar pajak motor berikut ini seperti dilansir dari laman Alfamart:

  • Datang ke gerai Alfamart terdekat dengan membawa STNK.
  • Katakan kepada petugas kasir Alfamart jika ingin bayar pajak kendaraan bermotor.
  • Sebutkan nomor kendaraan yang tertera pada STNK saat petugas kasir memintanya.
  • Tunggu petugas kasir memproses bayar pajak motor di sistemnya.
  • Petugas kasir akan menginfokan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  • Serahkan uang sesuai nominal tagihan yang diminta.
  • Tunggu petugas kasir memproses pembayaran.
  • Jika pembayaran sukses, petugas kasir akan memberikan struk pembayaran. Simpan dengan baik struk tersebut.
  • Setelah proses pembayaran di Alfamart selesai, lakukan pengesahan STNK dengan cara mengunjungi Polsek ataupun Polres terdekat dengan membawa bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Cara bayar pajak motor di Alfamart pun selesai. Dengan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tepat waktu telah menjadi bukti sebagai warga negara yang baik.

Baca juga: Biaya, Cara, dan Syarat Perpanjang STNK Lima Tahunan

Bayar pajak motor di Alfamart ini memudahkan pemilik kendaraan bermotor yang sulit menjangkau kantor Samsat di daerahnya. Selain itu, dapat meminimalisir antrean saat bayar pajak kendaraan.

Demikian cara bayar pajak motor atau bayar pajak kendaraan melalui Alfamart tanpa harus datang jauh-jauh ke kantor Samsat setempat. Dengan kemudahan ini diharapkan dapat meminimalisir keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.