Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bank, Asal Mula hingga Jenisnya

Kompas.com - 25/01/2022, 12:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank adalah salah satu lembaga keuangan. Dalam perekonomian, bank berfungsi untuk memutar uang di masyarakat sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan.

Menurut buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya oleh Ardhansyah Putra dan Dwi Saraswati bank memiliki sejarah yang panjang. Asal mula bank mulai dari zaman kerajaan di daratan Eropa.

Kemudian, usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika, dan Amerika dibawa oleh bangsa Eropa saat melakukan penjajahan.

Bila ditelusuri, sejarah perbankan dimulai dari jasa penukaran uang. Kemudian kegiatan operasional bank berkembang menjadi tempat penitipan uang, lalu ditambah dengan memberikan pinjaman.

Baca juga: Mengenal Sejarah Mata Uang Indonesia

Saat ini bentuk bank sudah merambah ke dunia digital, kegiatan operasionalnya pun bukan hanya penukaran uang, penitipan uang, dan peminjaman uang tapi juga pengiriman uang, penyimpanan barang dan surat berharga, dan sebagainya.

Di Indonesia, praktik perbankan sudah tersebar hingga ke pelosok desa. Saat ini hampir semua individu memiliki rekening di bank.

Jika melihat sejarahnya, tentu sudah tergambar mengenai apa itu bank. Mari memahami pengertian bank lebih lanjut dengan penjelasan di bawah ini.

Pengertian Bank

Kata bank berasal dari bahasa Italia, yaitu banca yang berarti meja yang dipergunakan oleh para penukar uang di pasar. 

Baca juga: Sebagai Bank Sentral, Apakah BI Wajib Cari Untung?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bank adalah badan usaha penghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan lalu menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau lainnya guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menurut Pierson, ahli ekonomi dari Belanda, bank adalah badan atau lembaga yang menerima kredit atau simpanan dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito berjangka, dan tabungan.

Menurut Sommary, bank adalah suatu badan yang berfungsi mengambil dan memberikan kredit, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Gedung De Javasche Bank di Bandung tahun 1918. Bank adalah salah satu lembaga keuangan Indonesia yang berfungsi menggerakkan roda perekonomian, Bank memiliki sejarah yang panjang hingga bisa menjadi bank yang ada saat ini.Tropenmuseum Gedung De Javasche Bank di Bandung tahun 1918. Bank adalah salah satu lembaga keuangan Indonesia yang berfungsi menggerakkan roda perekonomian, Bank memiliki sejarah yang panjang hingga bisa menjadi bank yang ada saat ini.

Berdasarkan pengertian tersebut, bank adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan. Artinya, kegiatan operasional perbankan selalu berkaitan dengan keuangan.

Secara sederhana, cara kerja bank berawal dari tabungan yang disetorkan oleh nasabah. Kemudian dana tabungan tersebut akan dipinjamkan ke pihak yang membutuhkan modal dengan menyertakan bunga.

Selain itu, dana tabungan nasabah juga bisa digunakan untuk investasi ke instrumen investasi seperti surat utang pemerintah untuk mendapat keuntungan.

Bunga dan keuntungan yang didapat dari peminjaman dan investasi inilah yang akan diberikan ke nasabah dengan nama bunga tabungan.

Baca juga: Pengertian Uang dan Sejarahnya di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com