Kompas.com - 25/01/2022, 09:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru atau New Internasional Airport Bintan di Kepulauan Riau bisa rampung pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikannya saat meninjau ke proyek pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru yang tengah dikerjakan pihak swasta yakni PT Bintan Aviation Investment, pada Senin (24/1/2022) kemarin.

"Kami berharap pihak manajemen dapat menyelesaikan pembangunan bandara baru ini paling tidak di akhir 2023,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Bandara Halim Akan Tutup Sementara, Penerbangan Lion Air Group Dipindah ke Bandara Soetta

Budi Karya mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya inisiatif dari sektor swasta untuk membangun bandara ini. Ia bilang, hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembangunan infrastruktur dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Kami akan dukung dan memberikan petunjuk agar pembangunannya dilakukan sesuai dengan ketentuan, khususnya yang berkaitan dengan aspek keselamatan,” ucapnya.

Menurut mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu, keberadaan bandara baru di Bintan akan mendukung tumbuhnya sektor industri dan pariwisata yang dapat mendatangkan investasi.

Ia mengatakan, Bintan adalah satu pulau yang diperuntukkan untuk menarik investasi yang masif. Maka dengan hadirnya bandara baru ini, diharapkan dapat membuka konektivitas dari dan menuju Pulau Bintan, yang dapat mendatangkan investasi yang besar.

Budi Karya menyarankan, dalam pengembangan dan pengelolaan ke depannya, bandara ini mesti berkolaborasi dengan pelaku usaha bertaraf internasional yang memiliki kemampuan menggerakkan para wisatawan mancanegara untuk datang berwisata ke Bintan.

“Keberadaan bandara ini diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Bintan, Kepri dan sekitarnya,” kata dia.

Sementara itu, Managing Director Bintan Aviation Investment, Michael Wudy menambahkan, pihaknya berinisiatif membangun bandara baru di Pulau Bintan sebagai pintu masuk pendorong pergerakan ekonomi, serta pengembangan sektor industri dan pariwisata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.