Kejar Target Investasi Rp 1.200 Triliun, Bahlil: Memang Tidak Mudah...

Kompas.com - 27/01/2022, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia yakin pihaknya mampu mencapai realisasi investasi hingga Rp 1.200 triliun di 2022. Keyakinan tersebut karena melihat pencapaian realisasi selama dua tahun terakhir yang berhasil melampaui target.

Adapun, perkembangan realisasi investasi pada 2020 mencapai Rp 826,3 triliun atau 101,1% dari target Rp 817,2 triliun. Sementara pada 2021 realisasi ivestasi berhasil tembus mencapai Rp 901,02 triliun atau 100,1 persen dari target sebesar Rp900 triliun.

"Memang tidak mudah ke depan, tapi saya yakin dengan pengalaman dua tahun 2020 dan 2021 ada perubahan pola regulasi lewat Undang-Undang Cipta Kerja dan tingkat kebutuhan global terhadap SDA Indonesia. Saya yakin karena bapak presiden sangat konsisten untuk membangun hilirisasi maka target 1.200 t dapat kita wujudkan," Tutur Bahlil dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022).

Bahlil mengatakan, untuk mewujudkan realisasi investasi sebesar Rp1.200 triliun tersebut, Kementerian Investasi/BKPM telah menyiapkan tiga strategi. Pertama pihaknya akan maksimalkan potensi investasi yang izin dan fasilitasnya sudah dilakukan.

Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Terbagi atas 3 Wilayah

"Kemarin saya sudah katakan bahwa beberapa perusahaan sudah dapatkan insentif kurang lebih 2.000 triliun lebih ini akan menjadi bagian terpenting akan menjadi prioritas kita," jelas Bahlil.

Kedua, pemerintah akan mengejar investasi-investasi yang mulai di-launching di awal 2021 dan pertengahan. Pemerintah akan mendorong agar kontruksi pembangunan dipercepat dari rencana. Contohnya dengan membangun pabrik selama 36 bulan, dan diajukan menjadi 30 bulan, sehingga bisa mempercepat realisasi dan menaikkan angka realisasi.

Ketiga, pemerintah tetap akan bertempur di Global. Ini menjadi penting karena kemampuan keuangan Indonesia di bank pasti berkurang atau tidak cukup untuk meningkatkan realisasi investasi Rp 1.200 triliun. Oleh karenanya, dalam hal ini Menteri Bahlil akan membentuk tim khusus untuk melakukan kerja sama dengan pihak luar, seperti UAE, China, Korea, Jepang dan Amerika.

Lebih lanjut, selain tiga strategi di atas, terdapat juga dua syarat kunci untuk membuat realisasi investasi pada tahun ini bisa terwujud. Pertama, pengendalian Covid di Tanah Air bisa dikendalikan dan kedua stabilitas politik.

Di sisi lain, secara bersamaan di dunia juga mengalami dua hal yang sama. Pertama masalah pengendalian Covid-19 dan kedua adalah pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo)

Baca juga: Bangun Sistem Transportasi IKN Butuh Rp 582,6 Miliar di 2022, Menhub Undang Swasta Berpartisipasi

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menteri Investasi Siapkan Strategi Agar Target Investasi Tahun 2022 Tercapai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.