Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMAN Danai Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa Senilai Rp 650 Miliar

Kompas.com - 04/02/2022, 15:36 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menggelontorkan dana pembebasan lahan sebesar Rp 650 miliar untuk pembangunan ruas tol Binjai-Langsa yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) per 31 Januari 2022.

Secara keseluruhan, LMAN telah mendanai pengadaan lahan pembangunan JTTS sejumlah Rp11,42 triliun hingga 31 Januari 2022.

“LMAN berkomitmen melaksanakan pendanaan lahan pembangunan infrastruktur PSN (Proyek Strategis Nasional) guna menghadirkan manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dilansir dari Antara, Jumat (4/2/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Tol Binjai-Stabat Pangkas Waktu Tempuh ke Bandara Kualanamu

Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/2/2022) yang turut dihadiri oleh Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri Keuangan.

Kemudian juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri BUMN, Gubernur Sumatera Utara, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk termasuk Direktur Utama LMAN.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan juga penandatanganan Letter of Commitment (LoC) penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN) oleh Direktur Utama LMAN, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero), Tbk.

Ketiganya adalah Badan Layanan Umum (BLU) dan BUMN penerima PMN/investasi pemerintah sebagai bagian dari APBN yang disalurkan Kementerian Keuangan guna mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk JTTS.

Baca juga: Tol Bandung-Cilacap Akan Mulai Dibangun Akhir 2022

PMN/investasi pemerintah tersebut digunakan untuk pendanaan pengadaan lahan oleh LMAN dan pelaksanaan konstruksi oleh BUMN PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero), Tbk.

LMAN mendapatkan mandat alokasi investasi pemerintah Rp28,84 triliun pada 2022 untuk pendanaan pengadaan lahan berbagai infrastruktur PSN dengan Rp24,088 triliun di antaranya untuk pendanaan pengadaan lahan sektor jalan tol termasuk JTTS.

“Penandatanganan LoC diharapkan dapat menjadi testimoni sekaligus komitmen untuk menjalankan tugas negara dan menggunakan uang negara seefisien mungkin,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani menekankan pemanfaatan APBN menjunjung tinggi tata kelola dan integritas sehingga dapat menjadi instrumen untuk menggerakkan roda perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Soal Pembangunan Jalan Tol, Basuki: Jangan Rusak Bukit dan Hindari Tebang Pohon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com