Mau Investasi Emas? Simak Keuntungan dan Kerugiannya

Kompas.com - Diperbarui 20/06/2022, 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPASInvestasi emas hingga saat ini masih menjadi pilihan banyak investor karena dianggap paling aman (safe haven). Bagi investor pemula yang ingin menghindari risiko tinggi, maka investasi emas bisa menjadi pilihan pas.

Investasi emas juga tergolong jenis investasi yang mudah untuk dilakukan. Siapa pun bisa mulai berinvestasi di logam mulia emas meski dengan modal yang terbatas. Karena saat ini sudah banyak platform yang menawarkan produk tabungan emas.

Emas termasuk ke dalam jenis investasi yang rendah risiko (low risk). Pasalnya, pergerakan harga emas yang cenderung mengikuti laju inflasi. Semakin tinggi laju inflasi, biasanya harga emas akan mengalami kenaikan.

Di sisi lain, emas sering kali menjadi pilihan investor ketika ekonomi sedang tidak menentu. Alasannya karena nilai emas tetap terjaga meski terjadi inflasi atau deflasi. Nilai emas juga tetap terjaga meski terjadi krisis ekonomi atau perang. Selain itu, permintaan akan emas tidak berkurang meski ketersediaan emas terbatas.

Baca juga: Bupati Malinau Beberkan Alasan Pilih Smart Aviation ketimbang Susi Air

Sebelum memulai investasi emas, ada baiknya Anda mempelajari seluk beluk tentang emas terlebih dahulu. Misalnya dengan mengenali apa saja keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan dari investasi emas.

Lantas apa saja keuntungan dan kerugian dari investasi emas (untung rugi investasi emas)?

Keuntungan investasi emas

Dikutip dari laman Gramedia.com, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari investasi emas. Berikut penjelasannya:

1. Emas bisa jadi alat tukar

Keuntungan pertama dari investasi emas adalah berguna dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu. Ketika sedang terjadi situasi krisis, Anda bisa menggunakan emas sebagai alat tukar. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa emas adalah jenis aset yang tidak terpengaruh oleh inflasi.

Baca juga: Tony Blair Gabung International Advocacy Caucus B20 Indonesia, Ini Tujuannya

2. Emas jadi dana darurat

Keuntungan lain dari investasi emas adalah bisa digunakan untuk dana darurat. Selain tidak akan terdampak dari adanya inflasi, emas juga bisa disetarakan. Ketika terjadinya inflasi, emas dan uang tunai dapat disetarakan.

Menabung atau menginvestasikan emas juga akan lebih mudah dijadikan alat pembayaran ketika sedang terjadi krisis ekonomi.

Investor pemula perlu mengenali beberapa keuntungan dan kerugian dari investasi emas Pexels Investor pemula perlu mengenali beberapa keuntungan dan kerugian dari investasi emas

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.