Mau Jadi Negara Maju, Indonesia Contoh Korea Selatan

Kompas.com - 25/02/2022, 13:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PPN/Kepala Bappenas mengungkapkan, Indonesia bisa mencontoh Korea Selatan untuk berubah menjadi negara berpenghasilan tinggi (high income country) sebelum tahun 2045.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti mengungkapkan, Korea Selatan menjadi negara berpenghasilan tinggi dalam waktu 14 tahun.

Sementara Indonesia bisa butuh waktu sekitar 20 tahun hingga tahun 2045 untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi dari negara berpenghasilan menengah ke atas.

Baca juga: Sri Mulyani: Kenaikan Utang RI Lebih Terukur Dibandingkan Negara Maju

"Dan ternyata kunci penting yang dilakukan Korea Selatan adalah transformasi ekonomi, riset, dan inovasi serta komitmen yang besar dari pemerintah dan masyarakatnya," kata Amalia dalam agenda side event T20, Jumat (25/2/2022).

Amalia menuturkan, naik kelasnya Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi terjadi jika Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi sekitar 6 persen setiap tahun pasca Covid-19.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia berpotensi didorong ke arah 6-7 persen agar dapat tumbuh tinggi dalam jangka menengah panjang.

Menurut perhitungan Bappenas, Indonesia dapat keluar dari middle income trap pada tahun 2043 jika rata-rata pertumbuhan ekonomi 6 persen setiap tahun tercapai.

"Artinya, kita masih punya waktu sekitar 20 tahun untuk meningkatkan status Indonesia dari upper middle income ke high income," beber dia.

Karena kunci Korea Selatan menjadi negara berpenghasilan tinggi adalah transformasi ekonomi, maka saatnya Indonesia menempuh jalan serupa.

Baca juga: Sri Mulyani Beberkan 4 Strategi RI Keluar dari Middle Income Trap

Amalia bilang, Indonesia perlu melakukan redesain transformasi ekonomi pasca Covid-19 yang tidak hanya membawa ekonomi kembali ke kondisi sebelum krisis, tapi mengembalikan kepada kondisi yang lebih baik dari sebelum krisis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.