Harga BBM Shell Naik per 1 Maret 2022, Bagaimana dengan BBM Pertamina?

Kompas.com - 02/03/2022, 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Rusia melakukan invasi di Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu, harga minyak mentah dunia semakin melonjak. Harga minyak mentah berjangka Brent sudah tembus ke level 107,47 dollar AS per barrel.

Konflik Rusia-Ukraina telah memperparah harga minyak mentah dunia, yang sebelumnya terus naik karena pasokan minyak global yang rendah tidak mampu mengimbangi pemulihan permintaan ketika pandemi Covid-19 mereda.

Baca juga: Ini BBM yang Harganya Naik di SPBU Pertamina, BP-AKR, dan Shell

Kenaikan harga minyak mentah di pasar internasional turut berimbas pada harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) yang per 24 Februari 2022 sudah mencapai 95,45 dollar AS per barrel.

Kondisi itu pun membuat badan usaha penyalur bahan bakar minyak (BBM) menaikkan harga jual produknya. Pada 1 Februari 2022, Shell telah melakukan penyesuaian harga BBM, dan disusul Pertamina yang menyesuaikan harga BBM pada 12 Februari 2022.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Harga BBM Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex Naik

Mengutip laman resminya, Rabu (2/3/2022), Shell kembali menyesuaikan harga BBM yang berlaku per 1 Maret 2022, seiring semakin naiknya harga minyak mentah.

Berdasarkan perhitungan, kenaikan harga BBM Shell berkisar Rp 480-Rp 1.240 per liter dibandingkan harga per 1 Februari 2022. .

Meski demikian, untuk harga BBM Pertamina terpantau belum ada kenaikan kembali, alias masih mengacu pada penyesuaian harga pada 12 Februari 2022 lalu.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Melesat Imbas Perang Rusia-Ukraina, Beban Subsidi BBM dan Elpiji Meningkat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.