Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ingin Pelanggan Terus Membeli Produk? Pahami Cara Memuaskan Pelanggan!

Kompas.com - 04/03/2022, 09:25 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Bagi pebisnis, pelanggan seringkali dianggap sebagai “raja”. Istilah ini mengakar kuat sebab adanya tuntutan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mereka agar bisnis mendapat umpan balik positif.

Selain itu, bisa dikatakan bahwa pemasukan dan kemajuan bisnis berasal dari pelanggan sehingga perlu adanya pelayanan terbaik bagi mereka.

Namun, untuk dapat memberikan itu, pebisnis harus pintar-pintar melihat dari mana sumber kepuasan pelanggan. Dengan demikian, pelayanan terbaik dapat diberikan kepada pelanggan.

Tung Desem Waringin, pengusaha sukses dan juga motivator marketing, membagikan apa saja yang menjadi sumber kepuasan pelanggan ketika membeli suatu produk dalam episode “Darimana Sumber Kepuasan Pelanggan Berasal” siniar Smart Inspiration edisi Smart Business.

1. Karyawan yang Perhatian

“Karyawan yang perhatian menimbulkan kepuasan pelanggan sebesar 29 persen," ungkap Tung Desem. Menurutnya, besarnya persentase tersebut membuat sumber kepuasan pelanggan ini berada di urutan pertama sehingga pebisnis perlu mencatat ini baik-baik.

Menurut Tung Desem, karyawan yang perhatian ditunjukkan dengan adanya manner, seperti menyapa, menyebutkan nama, dan memandang mata pelanggan. “Jika Anda menginginkan jatuh cinta, sering-seringlah pandang mata,” candanya.

2. Karyawan yang Berusaha Berjuang untuk Pelanggan

Tak hanya perhatian, sumber kepuasan pelanggan juga datang dari karyawan yang berusaha memuaskan pelanggan secara konkrit dengan tindakan. “Effort lebih dari sekadar tugas yang diberikan,” tambahnya.

Mengenai persentase kepuasan, Tung Desem menyebutkan sumber kepuasan pelanggan ini berada di tingkat kedua dengan persentase 22,1 persen.

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Gaet Pelanggan

3. Karyawan yang Terampil

Karyawan yang terampil dalam pemahaman produk dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Sebab, sering kali pelanggan bertanya terlebih dahulu kepada karyawan sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.