SUKSES INSPIRATIF

Nicky Clara Wujudkan Mimpi Berdayakan Penyandang Disabilitas Indonesia

Kompas.com - 04/03/2022, 21:37 WIB

KOMPAS.com - Memiliki keterbatasan fisik bukan berarti tidak bisa menggapai mimpi. Jika diiringi keinginan kuat untuk berkembang, keterbatasan dapat dijadikan motivasi untuk mendorong diri mencoba hal-hal baru. Dengan melampaui keterbatasan, seseorang bisa berkarya dan berkreasi, bahkan dapat membantu memberdayakan sesama.

Sebagai seorang penyandang disabilitas tunadaksa, Nicky Claraentia Pratiwi memegang teguh keyakinan tersebut. Hal ini tak terlepas dari dukungan orangtuanya yang mengajarkan untuk menunjukkan kelebihan yang dimiliki alih-alih menutupi kekurangannya.

Perjalanan hidup wanita yang akrab disapa Nicky itu membuktikan bahwa penyandang disabilitas punya kekuatan untuk mewujudkan mimpi sekaligus membantu pemberdayaan teman disabilitas.

Baca juga: Kisah Taslim, Penyandang Disabilitas yang Sujud Syukur Terima Sepeda Motor Roda Tiga

Visi tersebut pula yang membawanya bergabung dengan Thisable Enterprise (Thisable), sebuah social enterprise yang memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk mengembangkan diri.

“Saya tertarik untuk berkontribusi dan melakukan sesuatu bagi penyandang disabilitas di Indonesia, serta mencari komunitas yang sesuai dengan visi misi saya. Akhirnya, saya bertemu dengan Angkie Yudistia (pendiri Thisable), dan hingga kini terus membantu pengembangan program Thisable sebagai chief operating officer,” ujar Nicky kepada Kompas.com, Rabu (2/3/2022).

Melalui Thisable, Nicky mendedikasikan diri untuk mendukung pemberdayaan para penyandang disabilitas di Indonesia. Ia juga membantu teman disabilitas untuk lebih percaya diri dengan memberikan beragam pelatihan dan pendidikan soft skill sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

Aktif berdayakan penyandang disabilitas di Indonesia timur

Nicky terus mengembangkan sayap untuk memberdayakan penyandang disabilitas dengan menyediakan pelatihan barista kopi. Ia juga menyiapkan lapangan kerja bagi teman disabilitas di Indonesia timur, khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan. Hal ini dilakukan karena belum banyak pihak yang menyentuh penyandang disabilitas di wilayah tersebut.

Baca juga: Disabilitas Bukan Penghalang, Althaf Tuntaskan Pendidikan hingga S2

Tak hanya itu, dengan berbagai pengalamannya, Nicky terdorong mendirikan platform digital Berdayabareng.com. Tujuannya, untuk menyediakan akses lapangan pekerjaan bagi para penyandang disabilitas, serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sehingga dapat menjadi penyandang disabilitas unggul.

Melalui Berdayabareng.com, Nicky membuat modul-modul yang dapat dipelajari secara online oleh teman disabilitas di seluruh Indonesia, seperti mengenai kemampuan digital dan barista.

Kegigihan Nicky mengembangkan kapabilitas penyandang disabilitas di Indonesia timur dilirik oleh sejumlah pihak. Salah satunya, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.