Surveyor Indonesia: UMK Bisa Naik Kelas Apabila Telah Mendapatkan Sertifikasi Halal

Kompas.com - 08/03/2022, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surveyor Indonesia bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menggelar sosialisasi sertifikasi halal oleh Lembaga Penjamin Halal (LPH) Surveyor Indonesia bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) binaan KADIN. 

Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya mengatakan, UMK bisa naik kelas apabila telah mendapatkan sertifikasi halal.

Baca juga: Laba Bersih Surveyor Indonesia Naik Jadi Rp 155 Miliar di 2021

“Setelah mendapat sertifikasi halal, maka para UMK dapat mendorong terciptanya ekosistem jaminan produk halal nasional dan mendapatkan privilege untuk terlibat dalam Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah serta di marketplace Pasar Digital (PaDi) BUMN,” ujar Saifuddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/3/2022).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri lebih dari 300 UMK Binaan Kadin dan para UMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun tema yang dibahas adalah cara meningkatkan potensi UMK dan program serta manfaat sertifikasi halal gratis.

Lebih lanjut, Saifuddin mengungkapkan,sebagai independent assurance nasional, Surveyor Indonesia siap mendukung pelaksanaan program sertifikasi halal yang tengah di dorong oleh pemerintah saat ini.

Baca juga: Tingkatkan Industri Halal, Surveyor Indonesia Gandeng MUI

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mempercepat implementasi program Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK dan diharapkan dapat mendorong peningkatan skala dan mutu tercapainya target 10 juta UMK yang telah bersertifikasi produk halal dalam negeri dengan mendorong keterjangkauan literasi sertifikasi halal gratis kepada UMK di berbagai daerah dan wilayah,” kata Saifuddin.

Sementara itu, Auditor LPH Surveyor Indonesia, Anggraeni Wulansari menyampaikan, saat ini terdapat beberapa program untuk optimalkan UMK, salah satunya sosialisasi lewat webinar.

“Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UMK untuk tetap berkarya di masa pandemi, Surveyor Indonesia senantiasa memberikan dukungan bimbingan teknis (Bimtek) secara gratis bagi UMK yang terpilih oleh LPH Surveyor Indonesia," ujar Anggraeni.

Baca juga: Surveyor Indonesia Perkuat Verifikator TKDN Hulu Migas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.