MRT Jakarta Ubah Jam Operasional Mulai Besok, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 10/03/2022, 17:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta mengubah kebijakan waktu operasional yang berlaku mulai Jumat (11/3/2022).

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Rendi Alhial mengatakan, penyesuaian ini sesuai dengan penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta menjadi level 2.

"Penyesuaian jadwal operasi ini merupakan tindak lanjut dari PPKM Level 2 di DKI Jakarta yang ditetapkan pemerintah dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 145 Tahun 2022," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Sebanyak 23 Perusahaan Antre IPO, 10 di Antaranya Memiliki Aset Besar

Jadwal MRT Jakarta

Waktu operasional MRT Jakarta menjadi Senin-Jumat pukul 05.00-21.30 WIB dan Sabtu-Minggu atau hari libur pukul 06.00-21.30 WIB. Kapasitas jumlah pengguna 65 orang per gerbong.

Dengan diubahnya waktu operasional, jarak waktu keberangkatan kereta turut berubah. Senin-Jumat tiap 5 menit pada pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB serta tiap 10 menit di luar jam tersebut. Kemudian di hari Sabtu-Minggu atau hari libur menjadi tiap 10 menit sekali.

Selain itu, selama berada di dalam area stasiun dan kereta, penumpang wajib mengikuti aturan yang berlaku, termasuk penerapan protokol kesehatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan senantiasa menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun.

"Selama penyesuaian jadwal operasional ini, MRT Jakarta akan tetap memberlakukan aturan jaga jarak di dalam kereta dengan tetap memasang tanda jarak," kata dia.

Baca juga: Soal Kasus Binomo, PPATK Telusuri Aliran Dana hingga ke British Virgin Island

Gunakan aplikasi PeduliLindungi

Penumpang juga diminta untuk melakukan pemindaian kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area stasiun dan tidak berbicara baik satu maupun dua arah selama berada di dalam kereta.

MRT Jakarta secara konsisten menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19 dengan ketat di setiap area stasiun dan kereta.

Setiap penumpang dapat mengunduh panduan Protokol BANGKIT di situs web www.jakartamrt.co.id sebelum menggunakan layanan MRT Jakarta.

MRT Jakarta akan melakukan pemantauan terkait kondisi pesebaran virus COVID-19 dalam melakukan penyesuaian terhadap kebijakan operasional yang berlaku dengan senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang.

Baca juga: Soal Minyak Goreng, Asosiasi Pedagang Pasar Kecewa dengan Kebijakan Kemendag

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.