Luhut: Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi WA Saya Tanya Progres Investasi IKN Nusantara

Kompas.com - 17/03/2022, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kerap berkomukasi dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MBS) bin Abdulazis. 

Hal itu terkait dengan penjajakan investasi Arab Saudi di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Bicara terus ini, intensif sekali. Crown prince-nya juga sangat progresif. Dia sampai teks saya, WA (WhatsApp) saya sampai mana progresnya itu (investasi IKN Nusantara)," ujar Luhut di Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: Luhut Tepis Anggapan Proyek IKN Nusantara Tidak Menguntungkan Investor

Saat ini, Pemerintah telah membentuk tim gugus tugas (task force) yang tugasnya menjajaki kembali pertemuan kedua pihak terkait investasi di IKN Nusantara. Tim task force itu pun telah diberangkatkan ke Riyadh, Arab Saudi.

Luhut perkirakan penjajakan tim dari Indonesia menuai hasil jelang puasa atau saat Ramadhan.

Ia menyebut tidak ada persyaratan yang diminta oleh Pemerintahan Arab Saudi ke Indonesia selama penjajakan tersebut.

"Enggak ada (persyaratan), semua sih masih jalan prosesnya," ucap Luhut.

Sebelumnya pada 1-2 Maret 2022, Luhut melakukan kunjungan kerja ke Riyadh, Arab Saudi. Pada kesempatan itu, Luhut memaparkan mulai persiapan Indonesia membangun IKN Nusantara serta menawarkan kerja sama investasi di sektor energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga: Erick Thohir Bubarkan 3 BUMN

"Saya juga menceritakan betapa Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan, selain saat ini kami sedang bersiap-siap untuk pembangunan Ibu Kota Negara Baru, saya juga sampaikan bahwa kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam hal energi baru dan terbarukan hingga kerja sama dalam hal pelestarian lingkungan hidup," katanya melalui postingan Instagram resmi Luhut, Jumat (4/3/2022).

Luhut juga merasa senang ketika Kerajaan Arab Saudi dan Indonesia juga bersepakat memperkuat lagi hubungan bilateral.

Pada kesempatan itu, Luhut bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi. Menurut dia, dalam pertemuan itu mereka membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia.

Baca juga: Softbank Mundur, Luhut Sebut Abu Dhabi-China Siap Investasi 20 Miliar Dollar AS di IKN Nusantara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.