KILAS

Produksi Bawang Merah di Sumbar Melimpah, Ketua ABMI Harap Tidak Ada Impor

Kompas.com - 24/03/2022, 16:20 WIB

KOMPAS.com – Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Juwari memastikan, produksi dan ketersediaan bawang merah di Indonesia cukup melimpah.

Hal tersebut karena selalu ada panen raya bawang merah dan cabai di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) yang terjadi setiap bulan.

Bahkan, beberapa sentra di Jawa Tengah juga masih menggelar panen raya. Oleh karenanya, Juwari berharap masyarakat tetap tenang dan tidak berpikir impor.

"Jangan impor, dong, kasihan petani kita. Yang pasti produksi bawang (merah) tahun ini aman, bahkan, bisa mencukupi sampai puasa dan lebaran," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Imran Syahrial menambahkan, kebutuhan bawang merah dan cabai untuk menghadapi bulan suci ramadhan dan Idul Fitri aman dan perlu penanganan pemasaran.

Baca juga: Jelang Ramadhan dan Lebaran, Sejumlah Pihak Klaim Ketersediaan Bawang Merah dan Cabai Aman

"Kelebihan Kabupaten Solok karena panen rayanya terjadi setiap bulan. Jadi bisa dipastikan untuk kebutuhan bawang (merah) dan cabai menjelang puasa dan lebaran dalam kondisi aman," terangnya.

Imran menjelaskan, produksi bawang merah pada Maret mencapai 14.430,5 ton dari luasan panen sekitar 931 hektar (ha).

Kemudian, prognosa produksi pada April mendatang diperkirakan mencapai 14.912,6 ton dengan rata-rata harga bawang merah super 1 Rp 22.000 dan bawang super 2 Rp 19.000.

“Sementara itu, harga di tingkat petani untuk bawang (merah) yang biasa berkisar di Rp 18.000," imbuhnya.

Pakar Pangan dari Universitas Andalas Muhammad Makky mengatakan, panen bawang merah dan cabai di Sumbar sudah berlangsung sejak minggu lalu, terutama di daerah sentra seperti Kabupaten Solok dan Agam.

"Harga cenderung stabil yang berarti tidak ada kenaikan yang signifikan. Saya juga mengapresiasi jajaran dinas terkait karena mengawal produksi bawang dan cabai secara baik," katanya.

Baca juga: 5 Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia, dari Brebes hingga Solok

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.