Kompas.com - 05/04/2022, 15:17 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank OCBC NISP Tbk akan mengalokasikan 20 persen dari laba bersih 2021 sebesar Rp 2,51 triliun, atau setara Rp 504 miliar untuk dibagikan sebagai dividen kepada para investor.

Keputusan tersebut diambil dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank OCBC NISP yang digelar pada hari ini, Selasa (5/4/2022).

Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, alokasi dividen tunai sebesar Rp 504 miliar itu setara dengan Rp 22 per lembar saham.

"RUPST menyetujui penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2021 sebesar Rp 2,5 triliun, sebanyak 20 persen atau Rp 504 miliar ditetapkan sebagai dividen tunai," kata dia, dalam konferensi pers RUPST, Selasa.

Baca juga: Kementan: Meski Ada Gejolak Harga, Kami Berupaya Menjaga Stok Cabai Cukup

Lebih lanjut ia bilang, bank dengan kode emiten NISP itu akan membagikan dividen tunai dengan dipotong pajak sesuai ketentuan berlaku.

Selain itu, OCBC NISP mengalokasikan Rp 100 juta dari laba bersih tahun buku 2021 untuk cadangan umum, sementara sisa laba bersih sebesar Rp 2,01 triliun dialokasikan sebagai laba ditahan.

Direktur Bank OCBC NISP Hartati mengatakan, sepanjang tahun lalu, perseroan mampu membukukan laba bersih sebesar Rp 2,5 triliun, tumbuh 20 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Pertumbuhan itu ditopang oleh pendapatan bunga bersih yang meningkat 7,5 persen secara yoy menjadi Rp 7,64 triliun. Pada saat bersamaan, beban operasional hanya meningkat 2 persen dan beban kerugian penurunan nilai turun 7 persen.

"Kondisi perekonomian menunjukan pemulihan, didorong oleh kondisi pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, turut berdampak positif pada pertumbuhan bank 2021," ucap Hartati.

Baca juga: Sri Mulyani: Dulu Tantangan Masyarakat adalah Pandemi, Sekarang Kenaikan Harga Pangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.