Sandiaga Uno Ajak Investor Australia Berinvestasi di Indonesia

Kompas.com - 07/04/2022, 07:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para investor yang tergabung dalam Australia Indonesia Business Council (AIBC) untuk berinvestasi di Indonesia terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Keikutsertaan investor guna mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sebagai upaya mengakselerasi kebangkitan ekonomi maupun pembukaan lapangan kerja.

Baca juga: Konser Musik Diperbolehkan Lagi, Sandiaga Uno: Semua atas Permintaan Raisa...

"Kami menargetkan realisasi investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mencapai 2,45 miliar dolar AS. Untuk itu, kami mengundang para member AIBC untuk berinvestasi dan kami (Pemerintah Indonesia) akan sepenuhnya memfasilitasi," kata Sandiaga Uno di Melbourne, Australia, dilansir dari Antara, Rabu (6/4/2022)

Mengingat sektor parekraf menjadi tempat bergantung 34 juta orang Indonesia, lanjutnya, pemerintah akan memastikan sektor itu dapat berkembang dengan baik khususnya di lima destinasi super prioritas. 

Destinasi super prioritas tersebut, yakni Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara.

"Investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan dapat membuka 1,1 juta lapangan kerja baru yang berkualitas di Indonesia," ucap Sandiaga Uno.

Baca juga: Sukses MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno Bidik Potensi Danau Toba untuk Gelar Event F1 Boat Race

Pemerintah disebut bakal mengembangkan parekraf Indonesia sesuai tren baru yang ada, yakni personalized, customized, localized, dan smaller in size, menimbang tujuan utamanya ialah menghadirkan nilai-nilai keberlanjutan di sektor tersebut.

Karena itu, lanjutnya, para investor dapat memaksimalkan upaya itu dengan berinvestasi sehingga memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

“Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia juga akan difokuskan dalam kegiatan event. Seperti G20, WCCE (World Conference on Creative Economy), juga World Tourism Day yang akan digelar di Indonesia,” ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno: Kebijakan Bebas karantina Diperluas ke Seluruh Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.