KILAS

Jelang Lebaran, Kementan Pastikan Pasokan dan Harga 12 Bahan Pangan Pokok di Sulbar Aman

Kompas.com - 19/04/2022, 12:42 WIB

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta jajarannya bersama pemerintah daerah di seluruh provinsi di Indonesia untuk melakukan pengawalan dan monitoring ketersediaan pangan dan harga 12 bahan pokok.

Salah satu upaya tersebut dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) di Sulawesi Barat (Sulbar), tepatnya di Pasar Banggae, Kabupaten Majene dan Pasar Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa (19/4/2022).

Tim yang terdiri dari jajaran Kementan, yakni Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian (Barantan), dan Kepala Karantina Pertanian Mamuju Agus Karyono itu meninjau dua pasar tersebut untuk memastikan pasokan dan harga bahan pangan pokok.

Penanggung Jawab Pengawalan dan Monitoring Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok untuk Sulbar Wisnu Wasisa Putra menegaskan, harga dan ketersediaan bahan pangan pokok di Sulbar masih terkendali.

"Baik harga dan ketersediannya masih dalam kendali," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Kementan Klaim Pangan di Jateng Aman hingga 2 Pekan Setelah Lebaran

Dari laporan yang diterimanya, ketersediaan dan harga bahan pangan utama, seperti beras, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, cabai hijau, daging sapi, daging ayam, serta aneka sayur masih dalam kondisi yang aman.

Pemantauan itu turut dihadiri Satuan Tugas (Satgas) Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sulbar dan instansi terkait lainnya di tingkat provinsi dan Kota Mamuju.

Sementara itu, Kepala Barantan Bambang mengatakan, pihaknya akan mengawal ketersediaan bahan pangan pokok di Sulawesi setiap minggunya hingga masa libur Lebaran sesuai arahan Mentan SYL.

“Pemantauan akan menghasilkan data sehingga jika diperlukan langkah intervensi dalam pendistribusian satu komoditas dari daerah surplus ke daerah defisit dapat dilakukan,” katanya. 

Bambang mengatakan, ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga 12 bahan pokok menjadi tujuan akhir program tersebut.

Baca juga: Kementan Turun Langsung ke Pasar di Medan untuk Pastikan Ketersediaan dan Harga Bahan Pangan Pokok Aman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.