Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Penipuan Online Program Undian Berhadiah, Cermati 4 Hal Ini

Kompas.com - 22/04/2022, 21:58 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Modus penipuan berkedok undian berhadiah kembali menelan korban. Terbaru, seorang driver ojek online (ojol) asal Semarang, Jawa Tengah Irwanuari Kiswanto kehilangan uang di tabungan senilai Rp 65 juta akibat kejahatan ini.

Padahal uang yang ada di tabungannya itu akan dipakai untuk membangun rumah sederhana setelah Idul Fitri nanti. Namun, sekarang sudah raib karena penipuan online dengan modus undian berhadiah dari bank.

Berkaca dari kasus tersebut, masyarakat perlu hati-hati dengan modus penipuan online serupa. Terutama jika dihubungi ada orang tidak dikenal kemudian meminta data-data pribadi yang sifatnya sangat rahasia.

Diketahui, salah satu modus penipuan online dengan iming-iming undiah berhadiah yang paling umum terjadi adalah ‘phising’.

Baca juga: Buka Bisnis SPBU Shell Lebih Mudah dengan 6 Dukungan Ini

Phising adalah penipuan dengan cara mengirim tautan atau link ke sebuah situs web palsu. Jika mengklik tautan tersebut, si penipu akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lainnya.

Untuk menggiring korban agar bersedia mengklik tautan pencuri data tersebut, pelaku memberi iming-iming berbagai hal salah satunya menang program undian berhadiah.
Kemudian, untuk mendapatkan hadiah tersebut, korban perlu mengklik tautan palsu atau mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan.

Modus penipuan ini marak ditemukan pada layanan SMS, aplikasi chatting, ataupun media sosial. Lalu, bagaimana cara menghindari modus penipuan berkedok undian berhadiah?

Baca juga: 6 Bulan Minyak Goreng Naik Gila-gilaan, Jokowi Akhirnya Turun Gunung

Cara menghindari penipuan online dengan modus undian berhadiah

Dikutip dari laman resmi AQUA, berikut beberapa tips untuk menghindari penipuan online dengan modus undian berhadiah:

1. Cermati alamat situs web (URL) yang akan diklik

Modus ‘phising’ akan mengarahkan calon korbannya ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Untuk itu, cermati dan pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.

Contohnya, AQUA menggunakan situs web www.sehataqua.co.id untuk menampilkan seluruh informasi promosinya.

Namun, penipu dapat menggunakan alamat seperti www.sehatagua.com, www.sehataqua-resmi.com, atau www.sehtaqua.co untuk mengecoh konsumen yang kurang cermat.

Baca juga: Ini Titik Rawan Macet di Tol Jagorawi Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Ilustrasi, beberapa tips menghindari penipuan online dengan modus undian berhadiahFreepik Ilustrasi, beberapa tips menghindari penipuan online dengan modus undian berhadiah

2. Cermati pengirim pesan yang menghubungi Anda

Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satu yang umum digunakan adalah WhatsApp. Untuk menghindari penipuan, perhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.

Pastikan nomornya sesuai dengan nomor yang tercantum di situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara.

Jika nomornya berbeda, apalagi nomor tersebut meminta data pribadi dan informasi sensitif lainnya, pastikan Anda segera melaporkan akun tersebut ke pihak WhatsApp agar dapat segera ditangani.

Caranya dengan mengetuk pilihan Laporkan Kontak/Report secara langsung dari dalam chat. Lalu, sistem WhatsApp akan secara otomatis menerima pesan dan informasi dari berbagai interaksi Anda dengan akun yang Anda laporkan.

Baca juga: Ini Cara Sinarmas MSIG Life Dorong Bisnis Berkelanjutan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com