Garuda Indonesia: Kenaikan Pendapatan Selama Periode Mudik Menggembirakan

Kompas.com - 15/05/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan adanya kenaikan pendapatan selama periode mudik Lebaran 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, peningkatan pendapatan pada periode Lebaran 2022 cukup memuaskan dibandingkan hari-hari biasa selama pandemi Covid-19.

Perkiraan kenaikan pendapatan ini sesuai dengan proyeksi peningkatan trafik penumpang Garuda Indonesia sebesar 35 persen dibanding hari biasa.

"Peningkatan pendapatan tentu terjadi sekitar 35 persen dibandingkan kondisi sebelumnya. Tentu menggembirakan," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (15/5/2022).

Baca juga: Waspada, Ada Pemeliharaan Jalan Tol Cipularang mulai Besok

Namun dia tidak membeberkan berapa besaran pendapatan yang dikantongi Garuda Indonesia selama periode tersebut.

Pihaknya juga belum menghitung secara pasti jumlah penumpang selama periode tersebut karena arus balik diperkirakan masih akan terjadi hingga Senin (16/5/2022).

Pada pemberitaan sebelumnya, Garuda Indonesia Group yang menjadi induk dari Garuda Indonesia dan Citilink mencatat rata-rata tingkat keterisian penumpang mencapai lebih dari 85 persen pada tiap penerbangan selama mudik Lebaran 2022.

Garuda Indonesia Group menyiapkan sedikitnya 855.119 kursi penerbangan baik rute domestik maupun internasional untuk memfasilitasi kebutuhan akesibilitas udara masyarakat selama periode mudik Lebaran 2022.

Adapun optimalisasi ketersediaan kursi tersebut dilaksanakan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar serta penambahan frekuensi di beberapa rute dengan permintaan yang tinggi (high demand) selama periode 25 April – 10 Mei 2022.

Baca juga: Cuci Gudang, Bea Cukai Lelang 32 Mobil secara Online

Selama periode tersebut, khusus Garuda Indonesia akan menyediakan 288.219 kursi yang akan dioperasikan dengan menggunakan sejumlah pesawat berbadan lebar diantaranya A330-300 dan A330-200 serta pesawat narrow body B737-800 NG.

Irfan sebelumnya menjelaskan, optimalisasi kapasitas penerbangan Garuda Indonesia diantaranya akan dilaksanakan di sejumlah rute penerbangan dengan demand yang tinggi diantaranya adalah Jakarta – Denpasar, Jakarta – Surabaya, Jakarta-Medan, Jakarta – Jogja, Jakarta – Padang, Jakarta – Pontianak, Jakarta – Solo, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta – Semarang serta Jakarta-Balikpapan.

Menurutnya, di tengah berbagai relaksasi kebijakan mobilitas masyarakat di era kenormalan baru ini, kiranya momentum mudik tahun ini dapat disikapi dengan bijak bagi seluruh masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk senantiasa konsisten menerapkan protokol kesehatan pada aktivitas keseharian.

Baca juga: Berapa Gaji Youtuber dengan 1.000 Subscriber?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.