Temui OJK, Nasabah AJB Bumiputera 1912 Minta Kejelasan Status Anggota

Kompas.com - 26/05/2022, 08:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban kasus gagal bayar AJB Bumiputera 1912 meminta kejelasan atas status keanggotaan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Koordinator Aksi Serentak Korban Gagal Bayar AJB Bumiputera 1912 Fien Mangiri mengatakan, OJK mengamini kalau nasabah dengan status putus dan habis kontrak bukan merupakan anggota AJB Bumiputera 1912 lagi.

"Nasabah dari Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jabodetabek mereka menanyakan tentang status pemegang polis yang sudah putus dan habis kontrak, OJK bilang bukan anggota lagi," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (25/5/2022). 

Baca juga: Nasabah AJB Bumiputera: Kami Meminta Belas Kasih dan Perhatian Presiden Joko Widodo...

Ia menambahkan, pihak OJK kemudian berniat untuk memisahkan nasabah yang masih menjadi anggota dan tidak menjadi anggota lagi.

Salah satu nasabah dari Sumatera Selatan yang ikut mediasi dengan OJK menceritakan, dengan status yang jelas ini maka posisinya akan dihitung sebagai utang outstanding klaim. Sayangnya, utang tersebut juga belum dibayarkan sampai sekarang.

"Merujuk pada Pasal 38 mengatakan, kerugian ditanggung bersama. Yang menanggung bersama adalah anggotanya, karena dianggap pemilik pemegang saham. Kami bukan (anggota Bumiputera)," urai Fien.

Baca juga: Hari Ini, Nasabah Gagal Bayar AJB Bumiputera Bakal Geruduk Istana

Fien berharap, Bumiputera nantinya memisahkan utang klaim yang sudah berjalan beberapa tahun ini. Hal tersebut lantaran utang ini juga telah melanggar undang-undang asuransi dan perjanjian polis.

"Boro-boro ya, harusnya 30 hari sudah dibayarkan. Ini sudah 3 tahun tidak dibayarkan," tukas dia.

Kemudian, pihaknya meminta kepada OJK sebagai regulator untuk mendesak Bumiputera mengutamakan pembayaran kepada pemegang polis yang habis kontrak

"Bagaimana kalau kami bisa dibayar dulu, singkatnya begitu. Tapi tidak bisa begitu saja karena mereka pasti memikirkan solusi jangka panjang," ucap Fien.

Baca juga: Nasabah Belum Puas dengan BPA Bumiputera yang Terpilih

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.