Likuiditas Melimpah, Suku Bunga Kredit Belum Akan Naik Signifikan

Kompas.com - 26/05/2022, 13:33 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memproyeksi suku bunga kredit perbankan belum akan mengalami peningkatan signifikan dalam waktu dekat, seiring dengan masih melimpahnya likuiditas perbankan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengakui, peluang kenaikan suku bunga pinjaman perbankan tetap ada, namun tidak begitu besar.

"Kalau sampai sekarang yang kita monitor relatif terbatas, mungkin masih belum kelihatan secara signifikan untuk kenaikan bunga kredit," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh 9,1 Persen pada April 2022

Menurutnya, dengan kondisi likuiditas perbankan yang melimpah saat ini, sisi pasokan atau supply masih cukup, bahkan melebihi kebutuhan dari sisi permintaan atau demand.

"Kalau suplainya berlebih harusnya harganya enggak naik, bunga enggak naik, dan ini yang terjadi di pasar sekarang," katanya.

Meskipun demikian, ruang perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit juga terbatas, seiring dengan mulai pulihnya berbagai aktivitas perekonomian dan konsumsi rumah tangga.

Baca juga: Catat, Skor Kredit Mulai Jadi Pertimbangan Perusahaan Merekrut Karyawan

"Kita belum melihat adanya kenaikan suku bunga pinjaman yang signifikan. Walaupun berdasarkan pengamatan kita, uang penurunannya juga menjadi terbatas," tutur Purbaya.

Lebih lanjut Purbaya meyakini, di tengah kondisi perekonomian global yang dibayang-bayangi ketidakpastian, kondisi likuiditas perbankan akan tetap terjaga dan dapat memenuhi kebutuhan aktivitas perekonomian nasional hingga akhir tahun ini.

"Saya tidak melihat walau di luar negeri ada gonjang-ganjing ada gangguan yang berarti di sistem finansial dalam negeri, utamanya dalam hal produktivitas sistem keuangan," ucap dia.

Baca juga: Kembali Diperpanjang, Relaksasi Denda dan Pembayaran Minimal Kartu Kredit Berlaku Hingga Akhir Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.