Ini Penyebab 7 Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Tujuan

Kompas.com - 27/05/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menjelaskan penyebab banyak pesawat yang dilaporkan gagal mendarat di bandara tujuan sejak Kamis (26/5/2022).

Corporate Communication Senior Manager AP I Gede Eka Sandi Asmadi mengatakan, beberapa pesawat gagal mendarat di bandara tujuan karena saat itu cuaca sedang buruk sehingga mengganggu jarak pandang pesawat.

"Faktor cuaca buruk pada hari Kamis (26/5/2022) membuat beberapa penerbangan dari menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar harus dialihkan ke beberapa bandara lainnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Penyaluran Kredit Tumbuh 8,25 Persen, BPR Fokus Dukung Pemulihan UMKM

Hal ini menyebabkan jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat berikutnya menjadi terhambat. Namun, dia meyakinkan keterlambatan ini masih dalam tahap wajar dan pihak bandara dapat mengkondisikannya dengan baik.

Menurutnya prosedur pengalihan atau divert merupakan hal yang biasa jika dihadapkan pada kondisi cuaca buruk. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Secara keseluruhan penerbangan yang sempat dialihkan sudah mendarat kembali ke tujuan utamanya dengan aman dan selamat pada malam harinya," jelasnya.

Pada Kamis kemarin, setidaknya terdapat 7 pesawat yang terdampak cuaca buruk di 2 bandara yang dikelola Angkasa Pura I, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali 4 penerbangan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 3 penerbangan.

Baca juga: IHSG Kembali ke Posisi 7.026, Saham Perbankan Big Caps Laris Diborong Asing

1. Dialihkan/Divert ke Bandara Juanda

- Lion Air dengan nomor penerbangan LNI012 rute CGK-DPS

- Lion Air dengan nomor penerbangan LNI925 rute KOE-DPS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.