Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mulai Tawarkan SBR011, Kupon 5,5 Persen

Kompas.com - 27/05/2022, 16:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) resmi membuka masa penawaran Surat Berharga Negara Ritel seri 011 (SBR011) pada hari ini, Jumat (27/5/2022).

SBR merupakan instrumen obligasi negara tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada masa early redemption.

Oleh sebab itu, ada kesempatan bagi para investor ritel yang ingin berinvestasi jangka menengah di surat utang pemerintah, sebab masa penawaran akan ditutup pada 16 Juni 2022 pukul 10.00 WIB mendatang.

Baca juga: Milenial Jadi Investor Terbesar SBR

“SBR011 merupakan surat utang negara (SUN) ritel kedua yang ditawarkan kepada masyarakat di tahun 2022 dari total tiga seri yang direncanakan untuk diterbitkan sepanjang tahun ini," Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Ia menjelaskan, kupon SBR ditawarkan untuk tiga bulan pertama adalah 5,5 persen per tahun, yakni berasal pada tingkat BI7DRRR saat ini sebesar 3,50 persen ditambah spread 200 bps (2 persen). Tingkat kupon ini berlaku tanggal 22 Juni 2022 hingga 10 September 2022).

Sementara Tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo.

Adapun kupon SBR011 memiliki sifat mengambang dilengkapi dengan batas bawah atau (floating with floor). Artinya, kupon bisa naik bila suku bunga acuan naik, tetapi tidak akan turun lebih rendah daripada batas minimal.

"Tingkat kupon sebesar 5,5 persen adalah berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor) dan tingkat kupon minimal tidak berubah sampai dengan jatuh tempo," jelas dia.

Ada beberapa tanggal yang mesti dicatat bagi yang berminat membeli SBR011, yakni penetapan hasil penjualan pada 20 Juni 2022, setelmen 22 Juni 2022, dan jatuh tempo 10 Juni 2022.

Lalu untuk periode pengajuan early redemption dibuka pada 26 Juli 2023 pukul 09.00 WIB dan ditutup 4 Juli 2023 pukul 15.00 WIB. Sementara setelmen early redemption pada 10 Juli 2023 dan nilai maksimalnya 50 persen dari setiap pembelian yang telah dilakukan pada masing-masing mitra distribusi.

Luky mengatakan, SBR011 merupakan bagian dari SBN ritel yang diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi. Lantaran SBN dinilai menjadi investasi yang aman dan menguntungkan bagi mayarakat di tengah pemulihan dari kondisi pandemi ini.

“Manfaatnya pun tidak hanya dirasakan oleh individu itu sendiri, namun juga masyarakat luas karena dananya akan langsung digunakan sebagai sumber pembiayaan APBN,” katanya. 

Tempat membeli SBR011

Bagi yang berminat untuk berinvestasi di SBR011 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan menghubungi 28 mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online). Secara rinci 28 mitra distribusi tersebut, yaitu:

Bank umum
Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Permata, Bank BRI, Bank BTN, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, Bank Mega, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank DBS Indonesia, HSBC Indonesia, UOB Indonesia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank Victoria International, dan Bank Standard Chartered.

Perusahaan efek
Trimegah Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas.

Fintech
Bareksa Portal Investasi, Tanamduit, Investree, Koinworks, FUNDtastic+, Bibit, dan Modalku.

Baca juga: Investasi BUMN ke Startup Dibatasi, Pengamat: Jangan Menyesal bila Industri Digital RI Dikuasai Asing...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com