Semakin Menyusut, Restrukturisasi Kredit Covid-19 BRI Tinggal Rp 138,57 Triliun

Kompas.com - 13/06/2022, 13:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat, nilai restrukturisasi kredit debitur terdampak pandemi Covid-19 terus menurun, seiring dengan tren pemulihan ekonomi nasional yang berlanjut.

Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto mengatakan, per April 2022 outstanding restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 BRI telah menurun 55,57 persen dari level tertinggi.

Tercatat, per April kemarin nilai restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 BRI sebesar Rp 138,57 triliun, turun Rp 110,7 triliun dari total akumulasi yang direstrukturisasi sebesar Rp 249,3 triliun.

"Perseroan telah menyiapkan strategi antisipasi pasca masa restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 berakhir," ujar Agus dalam keterangannya, Senin (13/6/2022).

Baca juga: ESDM Pastikan Hanya Tarif Listrik Orang Kaya yang Naik, Tarif Pelanggan Subsidi dan Golongan 900-1.200 VA Tidak Naik

Lebih lanjut ia bilang, bank dengan kode emiten BBRI itu secara konsisten menyiapkan soft landing dengan meningkatkan pencadangan dan melakukan percepatan penyelesaian terhadap nasabah yang direstrukturisasi, namun tetap tidak memiliki kemampuan bayar kewajibannya.

Per April 2022, pencadangan untuk kredit BRI tercatat mencapai Rp 86,6 triliun atau 261,32 persen terhadap rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) dan 39,97 persen terhadap kredit kualitas rendah (loan at risk/LAR).

"BRI optimistis angka restrukturisasi Covid-19 akan terus menurun seiring degnan pulihnya aktivitas sosial dan ekonomi," kata Agus.

Ia berharap, strategi soft landing dapat menopang target pencapaian pertumbuhan kredit perseroan pada tahun ini, yakni sebesar 9 hingga 11 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Dari segi manajemen risiko, ditargetkan NPL dapat terkendali di level 3 persen pada tahun ini," ucap Agus.

Baca juga: Daftar 20 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia Versi Fortune

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.