Felix Wijaya
Business Analyst

Pemerhati dan penggiat ekonomi

Covid-19 dan Bitcoin

Kompas.com - 13/06/2022, 16:03 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KEKHAWATIRAN negara-negara di dunia pada tahun 2022 mulai beralih dari sebelumnya Covid-19 yang menjadi pandemi hampir di seluruh dunia, menjadi meningkatnya gejolak ekonomi.

Covid-19 yang mulai terkendali dalam jangka waktu dua tahun merupakan angin segar untuk meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi.

Saat Covid-19 terjadi, seluruh dunia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi dan finansial.

Hal tersebut terjadi karena pembatasan kegiatan dan aktivitas yang dibatasi guna menghentikan penyebaran Covid-19.

Ketika kegiatan dan aktivitas dibatasi, maka mengakibatkan permintaan (demand) menjadi turun.

Saat permintaan turun, maka produsen akan mengurangi jumlah produksinya (supply). Akibat dari produksi menurun, maka omset otomatis juga akan ikut menurun.

Sementara para pengusaha/produsen memiliki beban (cost) untuk menanggung biaya seperti biaya modal, sewa gudang, maupun gaji karyawan yang harus tetap dibayarkan walau menurunnya omset.

Mau tidak mau para pengusaha UMKM, menengah maupun besar harus memiliki strategi agar usahanya tetap dapat bertahan.

Kondisi ini mengakibatkan pemerintah di seluruh negara harus turun tangan agar dapat tetap menjaga perekonomian di negaranya.

Salah satu cara turun tangan pemerintah adalah dengan melakukan kebijakan moneter berupa quantitative easing (injeksi likuiditas).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.