Infrastruktur Jalan Makin Bagus, Peluang Bisnis Perusahaan Bus Dinilai Masih Besar

Kompas.com - 13/06/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu moda transportasi yang mudah ditemui masyarakat adalah bus. Kendati pamornya sering dikatakan memudar, moda transportasi publik ini tetap berhasil menemukan pelanggan setianya.

Strategic partner Busworld Southeast Asia dan Founder Haltebus.com A. M. Fikri menjelaskan, bisnis bus punya prospek yang sangat besar seiring infrastruktur jalan yang semakin bagus.

"Mobilitas orang di masa depan, yang mengedepankan kendaraan ramah lingkungan untuk mengurangi perubahan iklim dengan energi terbarukan, membuka peluang untuk bus," jelas dia kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Tarif dan Rute Bus Double Decker yang Lintasi Tol Trans Jawa

Pemerhati transportasi bus ini juga menyebut, tren global mendorong penggunaan angkutan umum di negara maju sangat masif. Apalagi dia bilang, Indonesia sudah berkomitmen ikut mengurangi karbon dan pemanasan global.

"Sebab itu, asumsinya penggunaan bus masa depan di Indonesia juga akan didorong oleh pemerintah," imbuh dia.

Dari sisi infrastruktur, Fikri menjelaskan, hadirnya Tol Trans Jawa yang mempersingkat waktu perjalanan juga menjadi katalis positif.

Dampaknya, Fikri bilang, rute perjalanan Jakarta-Solo jadi punya banyak jadwal keberangkatan pagi. Sebelumnya, rute tersebut tidak menyediakan keberangkatan pagi.

Baca juga: Rute KRL Berubah, Transjakarta Tambah Bus Manggarai-Blok M

Layanan bus yang harus dibenahi

Namun begitu, ia membeberkan masih banyak hal yang perlu dibenahi dari layanan bus dan pendukungnya.

Sebagai contoh, Fikri mengungkapkan, pengelolaan terminal harus dibuat lebih nyaman bagi penumpang. Dengan terminal yang nyaman, orang akan memilih naik bus.

"Aksesibilitas masih belum nyaman, pelayanan pengelolaannya juga belum berubah," imbuh dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.