Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Menuju Geopark Huta Ginjang Senilai Rp 888 Miliar di Danau Toba Selesai Dibangun

Kompas.com - 15/06/2022, 23:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp 888 miliar untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara.

Pembangunan ini dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara melalui 32 paket pekerjaan yang tersebar di Kabupaten Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Samosir, Simalungun, Deli Serdang, dan Tapanuli Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai akan mengubah wajah kawasan, sekaligus mempercepat pengembangan destinasi wisata Danau Toba dan meningkatkan layanan bagi wisatawan mencapai lokasi wisata.

"Layanan jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian lokal di kawasan wisata," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Sukses MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno Bidik Potensi Danau Toba untuk Gelar Event F1 Boat Race

Pelaksanaan peningkatan konektivitas DPSP Danau Toba dilakukan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, pelebaran jalan, rekonstruksi jalan, pemeliharaan rutin, rehabilitasi trotoar dan drainase serta pembangunan jembatan.

Salah satu pekerjaan telah selesai adalah pembangunan jalan menuju kawasan wisata Geopark Huta Ginjang di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca juga: Pemerintah Ubah Rumah Warga di Kawasan Danau Toba Jadi Homestay

Kepala BBPJN Sumatera Utara, Ditjen Bina Marga Brawijaya menambahkan, pembangunan Jalan Huta Ginjang sepanjang 3,2 kilometer (km) mulai dikerjakan pada 11 Mei 2020 oleh kontraktor PT Dinamala Mitra Lestari senilai Rp 15 miliar.

"Jalan Huta Ginjang merupakan jalan kabupaten, tetapi karena jalan tersebut menghubungkan ke kawasan pariwisata Menteri Basuki memberikan tugas direktif kepada Direktorat Jenderal Bina Marga untuk menyelesaikan ruas tersebut," ucap Brawijaya.

Pelaksanaan serah terima akhir pekerjaan atau Final Hand Over (FHO) telah dilaksanakan pada 6 November 2020.

Baca juga: Menhub Cek Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba yang Bakal Diresmikan Jokowi

Diharapkan dengan adanya dukungan akses yang memadai dapat mendorong Geopark Huta Ginjang menjadi salah satu lokasi pariwisata unggulan di DPSP Danau Toba guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, mendatangkan devisa, dan membuka lapangan pekerjaan.

Geopark Huta Ginjang merupakan bagian dari kawasan Geosite Kaldera Danau Toba yang memiliki panorama cantik. Saat ini kawasan Geopark Huta Ginjang masuk sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com