5 Perusahaan Ini Segera IPO, Cek Harga Sahamnya Saat "Book Building"

Kompas.com - 21/06/2022, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengawali pekan ini terdapat lima perusahaan yang berencana menggalang dana di pasar modal melalui initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham.

Beberapa perusahaan yang akan IPO tersebut antara lain, PT Saraswanti Indoland Development Tbk (SWID) yang bergerak pada sektor properties & real estate. Kemudian, PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) di sektor infrastructures, dan PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM) dari sector basic materials. Kemudian, ada juga dari sektor consumer non-cyclicals, PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU), dan dari sektor basic materials, PT Hillcon Tbk (HILL).

Harga saham perusahaan-perusahaan itu pada  periode book building relatif murah yakni di bawah Rp 500 per lembar saham.

Baca juga: Berencana IPO, PT Saraswanti Indoland Development Bidik Dana Segar Rp 68 Miliar

Berikut prospektus singkat dari kelima perusahaan tersebut, yakni:

1. PT Saraswanti Indoland Development Tbk (SWID)

Emiten properti berkode SWID ini rencananya akan melepas sebanyak-banyaknya 340 juta lembar saham biasa atas nama, atau sebesar 6,31 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham.

Saham baru tersebut ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran Rp 180 – Rp 200 per lembar saham. Melalui IPO ini SWID membidik perolehan dana segar sebesar Rp 61,2 miliar hingga Rp 68 miliar.

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 340 juta Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 6,74 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan. Waran Seri I dilakukan setelah 6 bulan sejak waran dimaksud diterbitkan sampai dengan 12 bulan berikutnya, yang berlaku mulai tanggal 6 Januari 2023 sampai dengan tanggal 6 Januari 2024.

2. PT Arkora Hydro Tbk (ARKO)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.