Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Gaji Besar di Usia Muda, Memang Bisa?

Kompas.com - 21/06/2022, 13:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Perbincangan soal gaji tampaknya tak akan pernah lekang oleh waktu. Bahkan, beberapa waktu lalu bertebaran tren konten yang menanyakan soal gaji.

Namun, hal yang membuatnya meragukan, yaitu mayoritas dari para talent adalah anak muda. Lantas, apakah hal tersebut membuktikan kalau kita bisa dapat gaji besar di usia muda?

Mincot, admin HRD Bacot, dalam siniar Obsesif bertajuk “Naik Gaji Jalur Cepat. Emang Ada?” menjelaskan bahwa landasan utama jika ingin gaji tinggi adalah menjadi karyawan tetap atau permanen.

Jika sudah berada di tahap ini, kita memiliki kesempatan juga untuk dipromosikan. "Kalo karyawan kontrak, ya, bisa juga sih, tapi lebih pada besaran yang tertulis di kontrak untuk periode tertentu," ujar Mincot.

Ternyata, kebaikan gaji tak serta-merta terjadi begitu saja. Ada jangka waktu minimal satu tahun dengan penilaian atasan terhadap performa kerja kita.

Mincot juga menambahkan jika, "Kenaikan gaji biasanya diberikan di awal tahun setelah cycle performance review yang dilakukan oleh atasan lo."

Performa ini kemudian dikonversi menjadi angka dan besaran persentase kenaikan gaji. Namun, proses ini juga tak mudah karena artinya kita harus konsisten berproses dan menghasilkan output yang outstanding.

Ada pula sistem promosi. Biasanya, promosi dilakukan jika kinerja kita menunjukkan kenaikan yang signifikan dalam kurun waktu tiga tahun.

Sebelum mendapat promosi, kita biasanya harus melewati proses talent review. Kelebihannya adalah, "Di dalam promosi juga ada skema kenaikan gaji yang lebih besar dari kenaikan tahunan."

Baca juga: Pentingnya Pengembangan Karyawan untuk Perusahaan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.