Mapan Umumkan Pendanaan Seri-A 15 Juta Dollar AS

Kompas.com - 29/06/2022, 15:58 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mapan, startup yang memiliki fokus menyediakan akses layanan keuangan untuk komunitas masyarakat menengah ke bawah, mengumumkan penutupan pendanaan seri-A sebesar 15 juta dollar AS.

Putaran pendanaan kali ini dipimpin oleh Patamar Capital dan PT Astra Digital Internasional yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk (Astra) dengan partisipasi dari perusahaan kenamaan di Indonesia seperti BRI Ventures, SMDV, Blibli, Prasetia Dwidharma, dan perusahaan ventura global, Flourish Ventures dan 500 Global.

CEO Mapan Ardelia Apti mengatakan, pihaknya akan menggunakan investasi ini untuk mengembangkan layanan arisan digital mereka melalui perluasan jangkauan produk dan bermitra dengan supplier terbaik.

"Mapan melakukan digitalisasi arisan dan menghubungkannya dengan penyedia produk dan jasa, sehingga menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat. Mapan juga akan memperkenalkan berbagai macam skema arisan dan layanan lain serta memperluas jangkauan pasar dengan target membuat layanan Mapan dapat diakses oleh 10 juta keluarga Indonesia di tahun 2026 melalui bantuan Mitra Usaha Mapan," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Pemerintah Akan Buka Rekrutmen 1,08 Juta PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan Tahun Ini

Adapun target pengguna tersebut, kata Ardelia, sejalan dengan tujuan inklusi finansial di Indonesia, di mana 51 persen masyarakat Indonesia masih kekurangan akses ke produk perbankan dan produk layanan finansial formal lainnya.

Mapan juga berencana memperkenalkan berbagai produk penunjang akses finansial lainnya serta meningkatkan akses masyarakat kepada sumber pembiayaan.

Dia menambahkan, hingga saat ini aplikasi Mapan telah membantu memberdayakan dan menyediakan pembiayaan pembelian barang kepada 3 juta keluarga di Indonesia.

Mapan juga berfokus merekrut perempuan dan influencer untuk menjadi Mitra Usaha Mapan. Mereka berkesempatan mendapatkan pelatihan dan juga keuntungan tambahan seperti komisi dari penjualan barang, insentif dari rekrutmen dan sosialisasi agen baru, serta dari pencapaian lainnya, sehingga Mapan membantu menyetarakan akses keuangan bagi perempuan dari keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan mereka agar kami dapat terus mengembangkan solusi-solusi keuangan secara luas," kata Ardelia Apti.

Sementara itu, Direktur Astra Gidion Hasan mengatakan, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa, Astra berkeinginan untuk berkontribusi dalam memajukan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah dengan turut memajukan perekonomian digital Indonesia.

Baca juga: 3 Alasan Lion Air Minta Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dinaikkan

Menurut dia kolaborasi dengan Mapan adalah salah satu wujud untuk memberikan sarana kepada masyarakat dari berbagai lapisan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal serupa juga diamini oleh Dondi Hananto selaku Partner di Patamar Capital. Pihaknya tertarik dengan pendekatan yang Mapan gunakan untuk memperkuat pemberdayaan perempuan di komunitasnya.

"Konsep arisan sudah lama menjadi budaya Indonesia dan dengan digitalisasi, Mapan berhasil membawa skalabilitas terhadap praktik budaya yang sudah lama ini. Kami senang karena dapat ikut berperan dalam pertumbuhan Mapan ke depannya, yakni dalam rangka meningkatkan akses keuangan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ucap Dondi Hananto.

Baca juga: Pertamina Siapkan Gerai Pendaftaran di SPBU bagi Masyarakat yang Tak Punya MyPertamina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.