Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life Indonesia Kumpulkan Premi Bruto Rp 19 Triliun Sepanjang 2021

Kompas.com - 29/06/2022, 16:06 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) mencatatkan pendapatan premi bruto (Gross Written Premium) sebesar Rp 19 triliun pada 2021.

Pendapatan premi bruto Allianz Life Indonesia ini naik 12,3 persen dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia David Nolan mengatakan, kinerja ini didukung oleh pertumbuhan bisnis dari berbagai kanal distribusi, terutama keagenan dan bancassurance.

Baca juga: Gandeng Bank Woori Saudara, Allianz Luncurkan Asuransi Jiwa Kredit

"Dengan pertumbuhan bisnis yang positif, Allianz Life Indonesia membukukan total aset sebesar Rp 42,8 triliun," kata dia dalan konferensi pers, Rabu (29/6/2022)

Ia menambahkan, Allianz Life Indonesia juga telah membayarkan klaim kepada 223.736 nasabah asuransi jiwa dan kesehatan sampai dengan Desember 2021.

Sementara, terkait klaim asuransi kesehatan dan jiwa terkait Covid-19, Allianz Life telah membayarkan manfaat senilai Rp 960 miliar sejak Maret 2020 sampai Mei 2022.

Angka tersebut dibayarkan untuk total sebanyak 50.000 klaim. Sampai saat ini, Allianz Life sendiri memiliki sebanyak 10 juta tertanggung

Sepanjang tahun ini, Allianz Life Indonesia akan fokus pada asuransi syariah dan pengembangan produk asuransinya. Hal tersebut meliputi produk unitlink dan konvensional.

Baca juga: Allianz dan Bank QNB Luncurkan Produk Paydi

Sementara itu, Direktur & Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Edwin Prayitno melaporkan, sepanjang tahun 2021 Allianz Life memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp 13,5 triliun.

Angka tersebut meningkat sebesar 20,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Peningkatan pembayaran klaim dan manfaat ini menggambarkan situasi pandemi yang belum berakhir dan berdampak pada nasabah," ucap dia.

Dari total pedapatan bersih, Allianz Life Indonesia berhasil mengantongi sebanyak Rp 500 miliar sepanjang tahun 2021.

Selain itu, risk based capital (RBC) Allianz Life tercatat sebesar 405 persen. Edwin menuturkan, angka tersebut 3 kali lipat dari standar yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo membeberkan, pandemi telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi.

Menanggapi hal ini, Allianz akan menyediakan produk-produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan asuransi nasabah.

"Kami meningkatkan layanan melalui digitalisasi dan memperluas kanal distribusi, dengan cara merekrut agen yang memenuhi kualifikasi serta berlisensi, juga berkolaborasi lebih erat lagi dengan mitra perbankan,” tutup dia.

Sebagai informasi, sampai sekarang Allianz Life Indonesia telah memiliki sebanyak 12 mitra perbankan.

Baca juga: Allianz Life: Ada Perbedaan Persepsi Masyarakat Tentang Unit Link

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com