Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Buruh: Memotivasi dan Peduli

Kompas.com - 01/07/2022, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengungkapkan duka citanya atas meninggalnya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

Baginya, sosok Tjahjo Kumolo sudah dianggapnya seperti kakak dan senior yang sangat rendah hati. Ia mengenang Tjahjo merupakan seorang tokoh nasional yang sering memotivasi dan peduli dengan kesejahteraan buruh.

"Saya masih ingat saat beliau menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberikan pengarahan di Kongres KSPSI tahun 2017. Beliau memberikan motivasi agar KSPSI selalu memberikan perlindungan terhadap anggotanya," katanya di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Kementerian PAN-RB: Bapak Tjahjo Kumolo Telah Dipanggil Allah SWT, Mohon Doanya...

Bukan hanya itu, Tjahjo Kumolo yang saat itu masih menjabat Mendagri juga mengeluarkan surat edaran (SE) yang menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar membuka ruang dialog bersama serikat buruh di masing-masing wilayah.

Andi Gani mengaku terkejut saat mendengar Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

"Saya menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh-Nya dan seluruh dosanya diampuni," ucapnya

Sebelumnya diberitakan,, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengumumkan Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo pada pukul 11.10 WIB.

Baca juga: Ratusan CPNS Mundur gara-gara Gaji Kecil? Menteri Tjahjo: Padahal Ada Tukin, Gaji Ke-13, Uang Lembur sampai Pensiun Seumur Hidup...

"Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10. Kami mohon doa dari bapak/ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," ujar Rini dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Rini menjelaskan, Tjahjo Kumolo telah menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni. Mengenai lokasi proses pemakaman, Tjahjo yang juga seorang politikus PDI Perjuangan tersebut akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, hari ini.

Selama dirawat di RS hingga akhir hayatnya, posisi Menteri PANRB sementara ini dijabat oleh Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Ad Interim.

Baca juga: CPNS Mengundurkan Diri dengan Alasan Gaji Kecil, Tjahjo: Kalau Mau Lebih, Ya Bisnis Saja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.